11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Petugas Medis Tepapar Covid-19, SOP Pelayanan Kesehatan Harus Dievaluasi

...

  • Fakhrurrazi
  • 01 July 2020 07:17 WIB

Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman @Tagar
Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman @Tagar

Semua fasilitas kesehatan harus mengevaluasi penerapan SOP terhadap pasien secara menyeluruh, guna menghindari kemungkinan terpaparnya tenaga medis dari virus corona.

BANDA ACEH - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh menilai adanya sistem yang kurang tepat dalam lingkungan pelayanan kesehatan di Aceh, sehingga petugas medis dan paramedis kini mulai terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman, mengatakan pelayanan kesehatan di Aceh saat ini harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan di fasilitas kesehatan. "Mari kita evaluasi secara menyeluruh, bagaimana protap di fasilitas kesehatan, kita perbaiki dulu, ketatkan lagi," kata Safrizal Rahman, Selasa, 30 Juni 2020.

Menurut Safrizal, banyak faktor yang menyebabkan seorang petugas medis dan paramedis terpapar virus corona, bisa saja virus itu dari aktivitas mereka sehari-hari tanpa dibawa oleh pasien. 

"Karena yang bekerja di pelayanan kesehatan itu, juga pulang ke rumah, duduk di warung kopi, dan pergi ke pasar. Itukan banyak sekali faktornya, kita sudah sangat longgar," ungkap Safrizal.

Safrizal mengimbau semua fasilitas kesehatan untuk mengevaluasi penerapan SOP terhadap pasien secara menyeluruh. Upaya ini perlu dilakukan guna menghindari kemungkinan terpaparnya tenaga medis dari virus corona.

"Karena dengan proteksi yang sangat kuat serta disiplin saja masih ada kemungkinan tertular, apalagi kalau tidak dijalankan secara baik. Makanya kita harus evaluasi lagi. Kalau untuk APD berdasarkan laporan masih cukup. Namun, itu masih belum cukup jika pemakaian dan kedisiplinan tidak dijaga," pungkasnya.[**/rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.