24 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Peusaba: Tanah Waqaf Habib Bugak Al Asyi Milik Masyarakat Aceh

...

  • portalsatu.com
  • 10 March 2018 13:20 WIB

BANDA ACEH - Ketua Peusaba, Mawardi Usman, mengaku terkejut mendengar rencana Jakarta hendak mengelola tanah wakaf Habib Bugak Al Asyi di kawasan Masjidil Haram. Peusaba mengingatkan tanah wakaf itu telah ada ratusan tahun di Mekkah dan dikelola dengan baik di sana. (Baca: Baitul Asyi Harta Wakaf Orang Aceh di Kerajaan Saudi)

"Dana waqaf Habib Bugak malah dinikmati oleh jamaah haji sesuai aqad tanah wakaf Habib Bugak Al Asyi," ujar Mawardi Usman, Sabtu, 10 Maret 2018. 

Peusaba meminta Pemerintah Aceh untuk serius menjaga aset Aceh di luar daerah. Mereka juga mengingatkan Pemerintah Aceh jangan hanya sibuk dengan APBA dan Pergub saja. (Baca: Investasi Dana Haji Incar Tanah Wakaf Aceh di Masjidil Haram)

"Pengelolaan oleh Jakarta menandakan munculnya ketidakpercayaan terhadap Aceh akibat konflik terbuka antar elit di Aceh. Janganlah Pergub berhasil, namun tanah wakaf Habib Bugak untuk Rakyat Aceh malah hilang dinikmati pihak lain apa artinya," kata Mawardi. (Baca: Rakyat Aceh Tolak Rencana Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan Wakaf di Arab)

Dia meminta semua komponen Aceh untuk wajib satu suara menjaga tanah waqaf Habib Bugak Al Asyi yang dulu diberikan untuk jamaah haji asal Aceh. 

"Mari hargai perjuangan indatu kita orang Aceh yang bersusah payah memakmurkan Aceh. Janganlah semua peninggalan mereka hilang di zaman kita. Kalau hilang semua di zaman kita, baik nisan, kitab, senjata, malah terbaru tanah waqaf Habib Bugak, jadilah kita generasi terburuk dalam sejarah Aceh," kata Mawardi.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.