21 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pidie Diselimuti Kabut Asap, Pria Ini Bagikan Masker

...

  • PORTALSATU
  • 24 September 2019 13:00 WIB

Muharram membagikan masker kepada pengguna jalan di Sigli. Foto istimewa
Muharram membagikan masker kepada pengguna jalan di Sigli. Foto istimewa

SIGLI - Kabut asap menyelimuti Kabupaten Pidie, Senin, 23 September 2019. Seorang warga membagikan masker kepada pengguna jalan di perempatan Jalan Lingkar, Kota Sigli. 

Pantauan portalsatu.com, kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah kawasan di Sumatera itu juga memengaruhi jarak pandang di sejumlah lokasi pusat kota Sigli. 

Ihsan, salah seorang warga kota Sigli, mengaku awalnya dirinya mengira cuaca agak gelap akibat mendung. Baru ketika ke luar mengantar anaknya ke sekolah dia mengetahui kondisi itu akibat kabut asap. 

"Memang jarak pandang  terhalang kabut asap yang semakin lama kian meningkat," katanya.

Kabid Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Pidie, Saiful Zuhri, mengaku sudah berkonsultasi dengan BMKG Aceh. "BMKG mengaku pengaruh kabut asap dari Riau sudah menyebar hampir seluruh Aceh," jelasnya. 

Sementara itu, seorang warga, Muharramsyah,  atas inisiatif sendiri membagikan masker kepada pengguna jalan yang melintasi persimpangan lampu merah jalan lingkar, kota Sigli. 

"Inisiatif ini timbul ketika saya antar anak ke sekolah. Saat saya beli masker untuk sendiri, ya, saya beli beberapa kotak yang selanjutnya saya bagikan kepada pengguna jalan terutama anak-anak," ucap mantan aktivis ini.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.