29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pinjaman Luar Negeri Dongkrak Cadangan Devisa Nasional

...

  • portalsatu.com
  • 07 September 2020 11:50 WIB

Ilustrasi pinjaman luar negeri @getty
Ilustrasi pinjaman luar negeri @getty

JAKARTA -- Penarikan pinjaman luar negeri oleh pemerintah membuat cadangan devisa nasional pada akhir Agustus 2020 naik dari 135,1 miliar dolar AS menjadi 137 miliar dolar AS.

Bank Indonesia (BI) melalui rilis No.22/68/DKOM, Senin, 7 September 2020 melansir posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,4 bulan impor atau 9,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Peningkatan cadangan devisa pada Agustus 2020 antara lain dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta penerimaan pajak dan devisa migas.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” jelas Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.