26 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Plt. Bupati Tgk. Amran Serahkan Jenazah TKI Asal Aceh Selatan ke Pihak Keluarga

...

  • SUDIRMAN
  • 21 January 2020 19:30 WIB

Foto dikirim untuk portalsatu.com
Foto dikirim untuk portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Plt. Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, menyerahkan jenazah M. Disal (38), TKI asal Desa Jambo Keupok, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan ke pihak keluarga,  Selasa, 21 Januari 2020, sekitar pukul 18:16 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh portalsatu.com, jenazah M. Disal diberangkatkan dari Malaysia pada Senin, 20 Januari kemarin.  Selanjutnya tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara pada Selasa, 21 Januari sekitar pukul 80:00 WIB.

Pihak keluarga M Disal menjemput langsung jenazah TKI tersebut di Bandara Kualanamu untuk dibawa pulang ke Jambo Keupok menggunakan mobil ambulance Pemkab Aceh Selatan. Sekitar pukul 10:00 WIB mobil jenazah bertolak meninggalkan Kualanamu menuju rumah duka.

"Alhamdulillah jenazah sudah sampai di Indonesia, kini dalam perjalanan menuju kampung," kata Iden keponakan M. Disal kepada portalsatu.com.

Setelah menempuh perjalanan sekitar delapan jam lebih, jenazah M. Disal tiba di rumah duka di Jambo Keupok sekira pukul 18:16 WIB disambut isak tangis para keluarga dan kerabat serta masyarakat setempat.

Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran juga hadir di rumah duka untuk menyerahkan langsung jenazah TKI tersebut ke pihak keluarga disaksikan Kepala Desa Jambo Keupok, Istarab. Usai diserahkan ke pihak keluarga, Jenazah M. Disal langsung dikebumikan sore ini juga.

"Tiba di Jambo Keupok, jenazah masuk ke dalam rumah duka sebentar. Selanjutnya disalatkan, baru dikebumikan. Bapak Bupati pun turut serta mensalatkan jenazah M. Disal," kata Ketua Pemuda Desa Jambo Keupok, Alih kepada portalsatu.com via WhastApp.

Pemulangan jenazah M. Disal ke Indonesia atas bantuan senator Aceh anggota DPD RI, H. Sudirman atau Haji Uma bekerjasama dengan Plt Bupati Aceh Selatan, Sekda Aceh Selatan dan tim relawan NKRI di Malaysia.

 

 

Sebelumnya diberitakan, M. Disal (38), TKI asal Jambo Keupok, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, yang sebelumnya dikabarkan sakit parah di Malaysia telah meninggal dunia pada Ahad, 19 Januari 2020, pukul 13.00 waktu Malaysia, di sebuah rumah di kampung Tuk Aminudin, Dengkil, Malaysia. 

Informasi meninggalnya M. Disal diperoleh melalui H. Sudirman akrab disapa Haji Uma, anggota DPD RI asal Aceh. 

M. Disal selama ini menderita penyakit komplikasi jantung, ginjal, paru dan diabetes melitus. Hampir setiap hari M. Disal mengeluh sakit pada bagian pinggang. 

Saat ini jenazah M. Disal dalam pengurusan yang dibantu Fitri Handayani, relawan NKRI Malaysia, bersama pihak KBRI Malaysia dan Persatuan Masyarakat Aceh di Malaysia.

Rencananya jenazah M. Disal akan diterbangkan, Senin, 20 Januari 2020, ke tanah air melalui Bandara Kualanamu Medan.

"Dari kemarin kita terus berkomunikasi dengan Ibu Fitri Handayani relawan NKRI di Malaysia. Jika tidak ada halangan jenazah M. Disal akan diterbangkan besok (Senin) melalui Kualanamu airport dan akan tiba di rumah duka pada malam hari," ujar Haji Uma.

Seminggu terakhir, Haji Uma bersama Bupati Aceh Selatan dibantu Fitri Handayani, relawan NKRI di Malaysia sedang mengupayakan pemulangan M. Disal ke Aceh untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di RSUZA Banda Aceh. Namun, kini M. Disal telah berpulang ke Rahmatullah.

Untuk penjemputan jenazah M. Disal ke Kualanamu Medan sepenuhnya ditanggung Pemkab Aceh Selatan yang dikoordinir Sekda Aceh Selatan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.