21 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Plt. Gubernur Aceh: Dinas Registrasi Kependudukan Harus ‘Jemput Bola’

...

  • PORTALSATU
  • 27 March 2019 16:30 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta Dinas Registrasi Kepundudukan ‘jemput bola’ terkait perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el atau e-KTP).

Nova menyebutkan, berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) semester II tahun 2018, jumlah penduduk Aceh 5.247.257 jiwa. Yang wajib KTP-el 3.566.023 jiwa dan sudah dilakukan perekaman KTP-el 3.396.826 jiwa atau 95,26 persen. Sedangkan yang belum melakukan perekaman KTP-el 169.197 jiwa atau 4,74 persen.

“Untuk itu perlu usaha yang lebih maksimal dalam rangka percepatan pencapaian rekam dan cetak KTP-el terutama untuk mendukung sukses Pemilihan Umum Tahun 2019,” kata Nova dalam Rapat Koordinasi Kependudukan Aceh, di Banda Aceh, Rabu, 27 Maret 2019.

Menurut Nova, untuk percepatan capaian dokumen kependudukan, Dinas Registrasi Kependudukan harus turun langsung ke lapangan untuk ‘jemput bola’ ke berbagai elemen masyarakat. Mulai dari tingkat sekolah menengah atas, dayah maupn universitas hingga lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Itu sebabnya persiapan administrasi kependudukan perlu dituntaskan dari sekarang agar berbagai masalah kependudukan akan dapat diselesaikan dengan cepat. Supaya nantinya tidak ada perbedaan data dengan KPU,” tegas Nova.

Nova menambahkan, berbagai persoalan yang muncul selama ini harus dapat diselesaikan dengan cepat dan bijaksana. Hal ini agar masalah administrasi kependudukan tidak sampai mengganggu berbagai kebijakan pemerintah yang lain.

“Terlebih lagi di tahun ini kita akan menghadapi pemilu presiden dan pemilu legislatif. Harapan saya, rapat koordinasi ini mampu memberi pencerahan kepada aparatur di Aceh dalam rangka menemukan solusi terkait untuk memecahkan berbagai permasalahan administrasi kependudukan di daerah kita ini,” ujar Nova.

Kadis Registrasi Kependudukan Aceh, Teuku Syarbaini, mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/kota untuk segera menuntaskan dokumen terutama KTP-el. Menurut dia, syarat untuk memilih pada pemilu harus menunjukkan KTP-el.

“Untuk itu kita memberikan motivasi kepada dinas terkait supaya mempercepat perekaman e-KTP seiring sisa waktu hanya beberapa hari lagi, agar melengkapi dokumen KTP-el untuk menyukseskan Pemilu 2019. Pokoknya dalam waktu yang singkat ini diharapkan perekaman KPT-el selesai, supaya nantinya tidak ada masalah terkait Pemilu 2019,” ujarnya.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.