12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Dugaan Ujaran Kebencian
Plt. Kepala DPMG Ditangkap, Sekda: Saya pun Kaget

...

  • Fazil
  • 16 May 2018 13:00 WIB

Sekda Lhokseumawe Bukhari. @Dok. portalsatu.com/Irman
Sekda Lhokseumawe Bukhari. @Dok. portalsatu.com/Irman

LHOKSEUMAWE – Sekretaris Daerah (Sekda) Lhokseumawe, Bukhari AKs., M.M., mengaku kaget saat membaca berita bahwa Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) berinisial BK (48), ditangkap polisi terkait kasus dugaan ujaran kebencian. Sekda Bukhari mengaku belum tahu isi postingan yang dibuat BK selama ini melalui Facebook.

"Ini saya baru saja tiba di Lhokseumawe pulang dari Medan. Jadi saya belum terlalu mengikuti perkara kejadian tersebut. Tetapi saya sudah mendapatkan informasi tentang penangkapan terhadap yang bersangkutan (Plt. Kepala DPMG Lhokseumawe)," kata Sekda Bukhari, dikonfirmasi portalsatu.com via telepon seluler, Rabu, 16 Mei 2018, pagi.

Menurut Bukhari, Wali Kota Lhokseumawe menunjuk BK sebagai Plt. Kepala DPMG setelah Kepala DPMG, Dr. Iskandar, dilantik menjadi Staf Ahli Gubernur Aceh, 4 Mei 2018 lalu. “Karena tidak boleh kosong di jabatan tersebut,” ujarnya.

Ditanya apakah dirinya mengetahui kalau selama ini BK membuat postingan di Facebook diduga mengandung ujaran kebencian, Sekda Bukhari mengatakan, "Kalau mengenai postingan itu, selama ini saya tidak mengetahuinya. Lagi pula saya tidak berteman di akun Facebook beliau (BK), sehingga tidak mengetahui secara detail. Saya pun kaget saat membaca di pemberitaan berkenaan penangkapan tersebut".

Sekda Bukhari belum dapat memastikan, siapa pejabat lainnya yang akan ditunjuk oleh wali kota menjadi Plt. Kepala DPMG Lhokseumawe menggantikan BK. “Kami belum bermusyawarah mengenai hal itu, karena perlu berkoordinasi dengan wali kota bagaimana solusi ke depan,” ujarnya.

Sekda Bukhari menambahkan, sepengetahuan dirinya, “BK itu orangnya baik-baik saja, artinya tidak terlalu ekstrem dalam beradabtasi maupun lainnya. Namun kita prihatin atas kejadian ini, apalagi (BK) sudah dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan seperti itu (Plt. Kepala DPMG), tetapi Pemkot akan mempelajari terlebih dahulu tentang kasus tersebut".

Diberitakan sebelumnya, Tim Siber Polres Lhokseumawe menangkap Plt. Kepala DPMG Kota Lhokseumawe berinisial BK (48) terkait kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian, Selasa, 15 Mei 2018.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, mengatakan, tersangka BK melakukan ujaran kebencian terhadap pemerintah dan kepolisian melalui media sosial Facebook dengan nama akun Bukhari Syamruh dan Bukhari Sr. Menurut Ari, pihaknya menangkap tersangka dengan cara memancing BK datang ke Polres Lhokseumawe.

"Tersangka telah melakukan ujaran kebencian yang ditujukan kepada pemerintah maupun Kepolisian Republik Indonesia. Setelah (mengetahui hal) itu kita lakukan penyelidikan dan menggelar perkara kecil. Namun, kita mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada ahli, serta mengklarifikasi kepada yang bersangkutan, dan ternyata itu benar dilakukan tersangka," kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, saat konferensi pers di Mapolres setempat, Selasa usai siang. (Baca: Polisi Tangkap Pejabat Pemkot Lhokseumawe Terkait Dugaan Ujaran Kebencian)

Sementara itu, BK mengaku membuat potingan di Facebook untuk tujuan kebaikan. "Saya melakukan ini untuk kebaikan, supaya ada perubahan yang lebih bagus untuk ke depan," ujarnya. (Baca: Ini Kata Pejabat Pemkot Lhokseumawe yang Jadi Tersangka Ujaran Kebencian)[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.