26 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


PMI Lhokseumawe dan Dinkes Bantu Pengobatan Penderita Kusta Ini

...

  • PORTALSATU
  • 17 September 2018 22:45 WIB

Ketua PMI Kota Lhokseumawe Junaidi Yahya mengunjungi Rusli, penderita kusta di Ujong Blang, 17 September 2018. @Humas PMI Lhokseumawe
Ketua PMI Kota Lhokseumawe Junaidi Yahya mengunjungi Rusli, penderita kusta di Ujong Blang, 17 September 2018. @Humas PMI Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat memastikan untuk membantu pengobatan Rusli (45), penderita kusta di Gampong Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti. 

Ketua PMI Kota Lhokseumawe, Junaidi Yahya, menyampaikan itu usai melihat kondisi Rusli di gubuknya, Senin, 17 September 2018, sore. Junaidi Yahya mengunjungi Rusli bersama Kepala Puskesmas Banda Sakti, dr. Nanda Sukmawati.

Rusli tidak tidak bisa berjalan lagi sejak lima tahun silam. Lima jari kaki kirinya terputus akibat kusta, sehingga tinggal tumit. Jari kaki kanannya hanya menyisakan jempol. Sebagian telapak kaki kanannya juga hilang digerogoti penyakit menahun tersebut. (Baca: Cerita Rusli Derita Kusta di Ujong Blang)

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dan kami sama-sama berkomitmen untuk memberikan perawatan secara rutin. Nantinya petugas medis akan selalu datang ke kediaman Pak Rusli,” ujar Junaidi Yahya.

Junaidi Yahya mengatakan, Rusli tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun lantaran petugas medis, termasuk obat-obatan, sepenuhnya akan ditanggung Dinas Kesehatan Lhokseumawe.

Menurut Junaidi, penyakit kusta tersebut tidak mudah menular, apalagi kalau penderitanya sudah berobat secara rutin. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat jangan sampai mengucilkan atau menjauhi penderita kusta tersebut.

“Tadi saat saya berkunjung ke kediamannya, beliau juga memohon agar dibantu kendaraan matic roda tiga (agar bisa beraktivitas di luar rumah), maka saya akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait tentang kebutuhan itu. Dan apabila ada pihak yang ingin membantu tentunya bisa disalurkan melalui PMI Kota Lhokseumawe,” ujar Junaidi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zukfikar, mengatakan, petugas medis akan datang ke tempat Rusli untuk memberikan pengobatan secara rutin.

“Kami telah menyediakan obat-obatan untuk penderita kusta tersebut, dan kami akan menurunkan petugas medis ke kediamannya untuk melakukan pendampingan secara rutin,” ujar Said Alam.[](rel)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.