11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


PN Pijay Vonis 20 Tahun Penjara Terhadap Tiga Terdakwa 24 Kilogram Sabu 

...

  • ZAMAH SARI
  • 06 July 2020 22:20 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

SIGLI - Tiga terdakwa perkara 24 kilogram sabu yang ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat pada Oktober 2019 lalu, masing-masing divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Pidie Jaya, Senin, 6 Juli 2020.

Sidang pembacaan putusan dipimpin Ketua Majelis Hakim, Muhammad Jamil, didampingi dua hakim anggota, Deny Saputra dan Nurul Hikmah. 

Vonis 20 tahun penjara lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Pidie Jaya dalam sidang sebelumnya yang menuntut hukuman mati. 

Ketiga terdakwa, Ridwan, Ali Sadikin dan M. Yunus, menurut majelis hakim, terbukti sebagai perantara dalam jual beli sabu itu.

Adapun hal meringankan para terdakwa, belum pernah dihukum dan tidak berbelit-belit saat diminta keterangan dalam persidangan. "Petimbangang majelis, mereka tidak berbelit dan belum pernah dihukum dalam kasus narkoba," ujar Nurul Hikmah.

Dalam kasus 24 kilogram sabu itu, yang pertama sekali dibekuk BNN Pusat adalah Ali Sadikin bersama barang bukti di kediamannya, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya. Setelah dilakukan pengembangan diamankan Ridwan dan M. Yunus.

Selain divonis 20 tahun penjara, terdakwa juga dihukum membayar denda Rp10 miliar subsider 1 tahun kurungan. 

Pangacara terdakwa, Muzakar, seusai sidang kepada portalsatu.com mengatakan pihaknya belum dapat menerima vonis majelis hakim itu. Pasalnya, menurut Muzakar, Ridwan belum terbukti terlibat dalam perkara tersebut. Dia menilai, dalam persidangan tidak dibisa dibuktikan keterlibatan Ridwan.

"Sedangkan untuk Ali Sadikin dan M. Yunus, kita akan menyerahkan sepenuhnya kepada keluarganya, jika keluarga sudah menerima kita ikuti saja," ujar Muzakar.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.