22 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Pelanggar Sidang di Tempat
Polantas Aceh Utara Razia Kelengkapan Administrasi Kendaraan Bermotor

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 04 November 2019 17:40 WIB

Pelanggar yang terjaring razia langsung ditilang dan sidang di tempat. Foto Cut Islamanda
Pelanggar yang terjaring razia langsung ditilang dan sidang di tempat. Foto Cut Islamanda

LHOKSUKON  - Sebanyak 40 pelanggar lalu lintas terdiri dari berbagai jenis kendaraan bermotor, ditilang dan langsung menjalani sidang di tempat, Senin, 4 November 2019. Razia dalam rangka Operasi Zebra Rencong itu dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Utara di Jalan Medan-Banda Aceh, depan Poslantas, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Razia tersebut bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Aceh Utara, Polisi Militer, Kejaksaan Negeri Aceh Utara dan Pengadilan Negeri Lhoksukon yang dihadiri seorang hakim dan panitera.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Lantas AKP T. Heri Hermawan kepada portalsatu.com di lokasi menyebutkan, sasaran utama razia tersebut kelengkapan administrasi, seperti SIM dan STNK. Namun, apabila ada pelanggaran lainnya tetap akan ditindak, seperti tidak memakai helm, tak menggunakan sabuk pengaman, dan lainnya.

"Pelanggar yang terjaring razia kita berikan surat tilang, kemudian mereka langsung menuju meja hakim dan jaksa. Nah, merekalah yang memutuskan berapa jumlah tilang yang harus dibayar saat itu juga," ujar Heri.

Menurut dia, hingga hari ke-13 (Senin) berlangsungnya Operasi Zebra Rencong 2019, total 680 tilang yang sudah dikeluarkan Satlantas Polres Aceh Utara. "Hingga kemarin total 640 tilang yang sudah kita keluarkan. Hari ini dari kita (Satlantas) menjaring 34 pelanggar, ditambah 6 lainnya dari Dishub, sehingga total 680 tilang," kata Heri.

Dia melanjutkan, jumlah pelanggar antara kendaraan roda dua dan roda empat hampir setara. "Pelanggar berasal dari berbagai jenis kendaraan, ada roda dua, roda empat dan lainnya. Rata-rata tidak memiliki atau tidak membawa SIM, dan kelupaan membawa STNK. Kita imbau kepada masyarakat pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, utamakan keselamatan saat berkendara, serta lengkapi surat-surat kendaraannya," pungkas AKP T. Heri.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.