18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polda Aceh Tangkap Dua Tersangka Penyebar Video Meresahkan

...

  • PORTALSATU
  • 07 November 2019 23:45 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Tim Polda Aceh membekuk dua tersangka dugaan pengancaman menggunakan video disebarkan melalui media sosial yang meresahkan masyarakat. Polisi mengamankan senjata api rakitan dan sejumlah barang bukti lainnya dari tersangka.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono saat konferensi pers di Mapolda, Kamis, 7 November 2019, mengatakan kedua tersangka berinisial YIR dan RD, ditangkap di kawasan Bireuen, Kamis pagi. 

Keduanya ditangkap terkait pembuatan dan penyebaran video berdurasi lima menit lima belas detik menampilkan enam orang menggunakan baju loreng, lima di antaranya memakai penutup wajah. Dalam video itu, mereka menyampaikan pernyataan bernada ancaman dan kebencian yang mengandung unsur SARA. Video tersebut diunggah ke media sosial pada Mei 2019 lalu.

"Video itu direkam di salah satu tempat di kawasan Aceh Utara, kemudian disebarkan ke sejumlah medsos,” kata Ery.

Dia menjelaskan, YR merupakan pimpinan kelompok pembuat dan penyebar video tersebut. Sedangkan RD, ajudan YR. Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti di antaranya, belasan HP dan baju loreng, kain surban, sepucuk senjata api rakitan berserta enam amunisi, sepatu, pisau, dua pasport, ATM, buku rekening bank. 

Selian itu, pihak kepolisian sedang melakukan pengembangan penyelidikan dan penyidikan, karena diduga ada keterlibatan pihak lainnya.

“Polisi telah mengantongi indentitas pelaku lain, jadi diharapkan segera menyerahkan diri,” ungkap Ery.

Untuk saat ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan lebih lanjut lantaran kedua tersangka masih dalam proses penyidikan.

Ery menambahkan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kedua tersangka akan dijerat pasal 45a ayat 2 jo pasal 28 ayat 2 UU ITE dan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.