26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polisi Akui Sudah Siapkan Regu Tembak untuk Eksekusi Mati

...

  • VIVA
  • 02 May 2016 17:30 WIB

Ilustrasi/Pengamanan di Lapas Nusa Kambangan saat eksekusi mati jilid II April 2015. (REUTERS/Darren Whiteside)
Ilustrasi/Pengamanan di Lapas Nusa Kambangan saat eksekusi mati jilid II April 2015. (REUTERS/Darren Whiteside)

Kepolisian Republik Indonesia mengaku telah menyiapkan regu tembak untuk pelaksanaan eksekusi mati tahap tiga di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah.

"Sudah ada (regu tembak), sejauh ini dalam konteks rapat koordinasi sudah berjalan tapi kapan hari H-nya tidak tahu yang menentukan Jaksa Agung," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Senin 2 Mei 2016.

Menurut Boy, regu tembak itu sudah disiapkan sejak satu bulan lalu. Tak cuma itu, termasuk petugas pengawalan para terpidana mati yang berangkat baik dari Tangerang atau pun dari daerah lain sudah disiapkan.

"Pada prinsipnya petugas yang akan membantu eksekutor untuk menjalani proses hukuman mati itu kita sudah siapkan hanya waktu kapan dilaksanakan tentu pak Jaksa Agung yang tahu," katanya.

Menurut Boy, polisi juga telah menyiapkan para rohaniwan kepada para terpidana mati, bagi yang beragama Islam akan didampingi oleh ustad memberikan pencerahan mental. "Agar yg bersangkutan memiliki mental menghadapi hukuman mati," katanya.

Eksekusi mati tahap tiga memang sedang dimatangkan oleh pemerintah Indonesia tahun ini. Setidaknya ada 60 orang terpidana mati kasus narkoba yang kini sedang menunggu giliran.

Tahun lalu, dalam eksekusi mati tahap dua, sebanyak delapan orang telah menjalani eksekusi. Yakni, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran (Australia), Martin Anderson (Ghana), Raheem Agbaje Salami (Spanyol), Rodrigo Gularte (Brasil), Sylvester Obieke Nwolise dan Okwudili Oyatanzel (Nigeria), dan Zainal Abidin (Indonesia). | sumber : viva

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.