28 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Gayo Lues
Polisi Amankan 185 Kg Ganja dan Empat Orang

...

  • Win Porang
  • 19 June 2020 23:40 WIB

Barang bukti 185 kg ganja diamankan Polres Gayo Lues. Foto: Win Porang
Barang bukti 185 kg ganja diamankan Polres Gayo Lues. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Aparat Polres Gayo Lues menggagalkan rencana penyelundupan ganja kering siap edar sebanyak 131 bal seberat 185 kg ke Medan. Empat orang diamankan, tiga di antaranya warga Aceh Timur, dan satu warga Gayo Lues.

Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan melalui Kasatres Narkoba AKP Syamsuir, S.E., Jumat (19/6), mengatakan, pengagagalan penyelundupan ganja dan penangkapan tersangka bermula pada Jumat pukul 04:00 WIB, setelah salah seorang warga melapor akan ada orang hendak menyelundupkan ganja.

"Mendapat informasi itu, anggota langsung menuju Kecamatan Pantan Cuaca untuk berjaga-jaga supaya mobil yang dicurigai tidak lolos. Lalu, pukul 06:00 WIB, baru melintas satu mobil jenis L300 yang dicurigai, dan akhirnya disetop," kata Syamsuir.

Setelah diberhentikan, barang bukti ganja sama sekali tidak ditemukan seperti laporan warga tadi. Akan tetapi pihak kepolisian terus menanyakan kepada dua orang dalam mobil itu di mana disimpan ganja yang hendak diselundupkan.

"Terakhir kedua orang ini mengakui bahwa posisinya saat melintas adalah 'membersihkan jalan', sedangkan ganjanya disimpan di Desa Kendawi, Kecamatan Dabun Gelang di semak-semak. Kamipun menuju ke sana mengamankan barang bukti sembari terus mengintrograsi kedua orang itu, yang akhirnya mereka mengakui barang itu miliknya yang hendak dibawa oleh dua orang rekannya," jelas Syamsuir.

Mendegar ada keterlibatan orang lain, Kasat Narkoba langsung menghubunggi Kapolsek Pining agar mengamankan mobil Toyota Rush nomor polisi BK 1398 AAZ yang akan melintas ke daerah Aceh Timur. Dua orang di dalamnya terlibat rencana penyelundupan ganja itu.

"Jadi yang kita amankan ada empat orang, SA (48) warga Desa Uning Gelung, Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues, NA (28) warga Dusun Berapit, Desa Jering, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur, MU (23) warga Desa Terujak Serba Jadi, Aceh Timur, dan MA (25) warga Dusun Toa, Desa Nalon, Serba Jadi Aceh Timur," ujarnya.

Keempat orang itu masih diintrograsi di Polres Gayo Lues untuk mengungkap keterlibatan pelaku lain. Selain ganja dan mobil, polisi juga menjadikan tiga HP sebagai barang bukti.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.