31 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polisi Limpahkan Berkas Kasus Pembunuhan Purnawirawan TNI ke Jaksa

...

  • Fazil
  • 27 September 2019 23:00 WIB

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T. Herlambang. Foto Fazil
Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T. Herlambang. Foto Fazil

LHOKSEUMAWE - Tim Penyidik Satuan Reskrim Polres Lhokseumawe telah menyerahkan berkas kasus dugaan pembunuhan Muhammad Ridwan (58), purnawirawan TNI AD, oleh tersangka berinisial MA (46), di Gampong Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Selasa, 10 September 2019 lalu. Berkas kasus tersebut diserahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe, Rabu, 25 September 2019.

Hal itu disampaikan Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Reskrim AKP Indra T. Herlambang, dikonfirmasi portalsatu.com, Jumat, 27 September 2019, sore. 

"Jadi, penyidik pun masih menunggu keputusan atau petunjuk dari kejaksaan apakah berkasnya lengkap atau ada yang perlu diperbaiki lagi, kita tinggal menunggu penilaian dari jaksa," kata Indra.

Menurut Indra, penyidik sudah memeriksa sembilan saksi terkait kasus dugaan pembunuhan tersebut. Kesembilan saksi itu ditanyakan mengenai motif dugaan pembunuhan, dan cara tersangka membunuh korban serta modusnya seperti apa. Penyidik tidak menyimpulkan tersangka MA itu mengalami gangguan kejiwaan. Namun, karena ada permintaan dari masyarakat, maka pihaknya mengecek kepada dokter kesehatan Polres Lhokseumawe dan dinyatakan tersangka tidak mengalami gangguan kejiwaan.

"Artinya, tersangka MA masih dapat bertanggung jawab secara hukum. Ketika kita melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, bahkan dia bisa menjawab semua pertanyaan dari penyidik dan lancar. Alasannya membunuh korban pun jelas dia menjawab, bahwa si tersangka hanya kesal saja karena korban menegur tersangka persoalan mengambil buah kelapa di kebun korban," ungkap Indra.

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Ridwan (58), purnawirawan TNI AD, warga Gampong Uteunkot, Kecamatan Muara Dua, tewas akibat dibacok dengan parang oleh warga Gampong Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, berinisial MA (46), di Jeulikat, Selasa, 10 September 2019, sekitar pukul 16.00 WIB. Tim gabungan Satreskrim Polres Lhokseumawe dan Brimob berhasil menangkap tersangka MA yang merupakan tukang becak setelah rumahnya dikepung dan dilepaskan gas air mata.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.