19 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polisi Ungkap Identitas Pelaku Curanmor yang Diamuk Massa di Aceh Utara

...

  • Fazil
  • 14 December 2018 19:30 WIB

Polisi melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa. Foto: Fazil/portalsatu.com
Polisi melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa. Foto: Fazil/portalsatu.com

ACEH UTARA - Aparat Polsek Meurah Mulia mengungkap identitas seorang tersangka pencurian sepeda motor yang dihajar massa setelah berhasil ditangkap di Gampong Ujong Reuba, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 13 Desember 2018, sekitar pukul 19.40 WIB.

Tersangka itu berinisial AS (30), warga Gampong Buket Selamat, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Pelaku pencurian sepeda motor milik Saifuddin, warga Gampong Ujong Reuba itu dua orang. Seorang tersangka lainnya berinisial FA kini sudah dimasukkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh pihak kepolisian.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kapolsek Meurah Mulia, Iptu Bustani, mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi identitas dan mengamankan seorang tersangka pencurian satu sepeda motor milik warga Gampong Ujong Reuba yang terjadi Kamis malam.

Menurut Bustani, pencurian bermula saat masyarakat di gampong tersebut sedang melaksanakan salat Magrib di meunasah (surau) setempat. Usai salat kemudian ada warga yang memberitahukan ke polsek bahwa telah terjadi pencurian sepeda motor milik warga. Kamudian pihaknya mendatangi lokasi kejadian untuk mengetahui letak sepeda motor (sepmor) yang diparkir oleh korban (Saifuddin) dan arah pelaku membawa kabur sepeda motor tersebut.

"Sehingga diketahui bahwa pelaku pencurian sepeda motor itu lari ke arah gampong tetangga setempat, kemudian kita menyebar dan sekaligus melakukan penelusuran seluruh akses jalan di kawasan jalan linepipa itu. Sedangkan sebagian anggota (polisi) melakukan penutupan perempatan menuju ke arah jalan nasional Banda Aceh-Medan. Berkat pengejaran yang dibantu oleh masyarakat sehingga pelaku berhasil ditangkap di kawasan Kacamatan Meurah Mulia," kata Bustani kepada portalsatu.com, Jumat, 14 Desember 2018.

Saat itu, kata Bustani, hanya ditemuan seorang tersangka. Namun, kata dia, saat kejadian ada warga setempat sempat melihat pelaku berjumlah dua orang menggunakan sepeda motor. Kata dia, berdasarkan keterangan tersangka AS, ia melakukan pencurian sepeda motor itu bersama seorang temannya berinisial FA.

"FA berperan sebagai tukang petik dan setelah dipatahkan setang sepeda motor serta dihidupkan (motor) itu, lalu diserahkan kepada tersangka AS untuk dibawa kabur. Mereka melakukan aksinya itu menggunakan kunci T. Saat ini tersangka FA sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," ungkap Bustani.

Bustani menyebutkan, tersangka AS kini ditahan di polsek setempat untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya,

Seorang pemuda diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) babak belur dihajar massa setelah berhasil ditangkap di Gampong Ujong Reuba, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 13 Desember 2018, sekitar pukul 19.40 WIB.

Pemuda yang disebut tidak mengantongi kartu identitas itu menjadi sasaran amarah massa karena diduga membawa kabur sepeda motor Honda Supra X 125 milik Saifuddin, warga setempat. Setelah dihajar massa, terduga pencuri itu dinaikkan ke bagian atas meunasah (surau) gampong setempat untuk mengantisipasi amukan massa lainnya.

Pantauan portalsatu.com, tidak lama kemudian pihak kepolisian tiba di lokasi kejadian untuk menenangkan massa supaya tidak terjadi lagi amukan terhadap terduga pelaku curanmor tersebut. Namun saat polisi membawa turun pria itu dari atas meunasah, sebagian warga kembali menyerang terduga pelaku curanmor itu.

Melihat situasi semakin memanas, polisi pun melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk membubarkan massa. Akhirnya, massa memberikan jalan kepada polisi untuk menggiring pria itu masuk ke dalam mobil hingga dibawa ke Polsek Meurah Mulia. (Baca: Terduga Pelaku Curanmor Diamuk Massa, Polisi Lepaskan Tembakan ke Udara)[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.