21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polres Aceh Barat Tangkap DPO Napi Lapas Lambaro

...

  • Rino
  • 10 December 2018 09:00 WIB

ilustrasi. Foto: republika
ilustrasi. Foto: republika

ACEH BARAT - Seorang narapidana Lapas Kelas IIA Banda Aceh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, yang berada dalam daftar DPO napi yang kabur, terpaksa dilumpuhkan oleh Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat karena melawan aparat.

Kurniawan (37) ditembak oleh personel Opsnal Satreskrim Polres Aceh Barat karena berusaha melawan petugas dalam sebuah operasi pengejaran terhadap dirinya di Jl. Kayu Putih, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten itu, Minggu, 9 Desember 2018, sore

Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Arya Prakasa melalui KBO Reskrim Ipda P. Panggabean mengatakan, sebelumnya BK yang kabur dari Lapas Kelas IIA Banda Aceh bersama 113 napi lainnya pada Jumat, 30 November lalu, dilaporkan berkeliaran di kawasan yang dimaksud.

Menyikapi laporan itu, petugas Opsnal Sat Reskrim Polres Aceh Barat diturunkan ke lokasi. Setelah melalui proses pengejaran yang alot, Kurniawan yang sempat melawan petugas, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas.

Saat itu, Kurniawan mencoba melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor matic jenis scoopy yang dikendarainya. Napi kasus narkoba ini ditangkap sekitar pukul 17.00 WIB. Yang bersangkutan mengaku berdomisili di Desa Lapang.

"Si narapidana melakukan perlawanan, dan berusaha melarikan diri. Lalu dibuat tembakan peringatan, tidak diindahkan, lalu petugas dari Opsnal melakukan tindakan tegas, dengan melakukan penembakan yang mengenai betis narapidana," jelas Panggabean, ditemui portalsatu.com, di RS Cut Nyak Dhien Meulaboh, Minggu malam.

Saat ini, Kurniawan dirawat inap di ruang bedah RS Cut Nyak Dien Meulaboh. Setelah yang bersangkutan sembuh, akan ditahan untuk sementara waktu di rumah tahanan (rutan) Polres setempat, untuk dikembalikan ke Lapas Kelas II A Banda Aceh agar yang bersangkutan dapat melanjutkan sisa masa tahanan.

Dengan ditangkapnya Kurniawan, saat ini, jumlah seluruh napi Lapas Kelas IIA Banda Aceh yang tertangkap berjumlah 36 orang. Tinggal 77 orang lagi yang masih dalam pengejaran. Hingga saat ini, sesuai intruksi Kapolda Aceh, Irjen Rio S Djambak, patroli di tiap resor disiagakan.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.