21 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polres Aceh Timur akan Gelar Operasi Zebra, Ini Kata Kapolres

...

  • PORTALSATU
  • 22 October 2019 08:30 WIB

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro. Foto: Humas Polres Aceh Timur
Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro. Foto: Humas Polres Aceh Timur

IDI RAYEK - Polres Aceh Timur akan menggelar Operasi Zebra untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Pelaksanaan Operasi Zebra yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 diharapkan mampu meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, S.I.K., M.H., Senin, 21 Oktober 2019.

Menurut Kapolres, dengan pelaksanaan Operasi Zebra diharapkan mampu meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, juga menurunnya tingkat fatalitas korban laka lantas. "Sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan citra tertib berlalu lintas," ujarnya.

Kapolres menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan lalu lintas tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir angka laka lantas.

"Upaya meminimalisir laka lantas adalah dengan memberdayakan seluruh pemegang kebijakan agar dapat mengambil langkah yang komprehensif menyelesaikan permasalahan tersebut," katanya.

“Persoalan laka lantas tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antarpemangku kepentingan mencarikan akar masalah dan solusinya," tegas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Aditia Kusuma, S.I.K., menyebutkan pelaksanaan Operasi Zebra tahun ini lebih mentitikberatkan pada tindakan penegakan hukum atau tilang. Selain itu juga penyuluhan, pembagian brosur keselamatan berlalu lintas kepada pengendara, dan kegiatan optimalisasi pengaturan, penjagaan dan patroli masing-masing wilayah.

"Dalam hal pelanggaran kasat mata seperti berkendara melebihi kapasitas kendaraan, tidak memakai helm standar SNI saat mengendarai atau berboncengan menggunakan sepeda motor hingga pelanggaran lain yang dapat berakibat kecelakaan fatal seperti mengangkut penumpang di kendaraan bak terbuka, maka dilakukan penegakan hukum," kata Aditia. 

Kasat Lantas Polres Aceh Timur mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas baik siang maupun malam hari dalam keadaan ada dan tidak ada petugas.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.