07 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polres Aceh Timur Musnahkan 45 Kg Sabu

...

  • PORTALSATU
  • 18 May 2020 15:20 WIB

IDI RAYEK – Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Timur memusnahkan barang bukti (BB) 45 kg sabu, di Lapangan Apel Mapolres Aceh Timur, Senin, 18 Mei 2020.

Kegiatan itu dihadiri  Kapolres Aceh Timur AKBP  Eko Widiantoro,S.I.K., M.H., Bupati Aceh Timur H. Hasballah H. M Thaeb, S.H., Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos., M.Tr (Han)., Kepala Kejaksaan Negeri Idi Asbun Hasbullah, S.H., M.H., Ketua pengadilan Negri Aceh Timur diwakili hakim Reza Bahtiar Siregar, S.H., 6. Ketua DPRK Aceh Timur Muhammad Daud alias Abi Pante Panah, Kepala BNN Langsa AKBP Basri, S.H., M.H., Danki Brimob 2 B Aramia Iptu Yazona Fajar Sidik, S.I.K., Kepala Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II B Idi Rayek, Aceh Timur Eka Priyatna, BC.I.P., S.Sos., M. Si., Ketua Mahkamah Syariah Kabupaten Aceh Timur Mursyid Syah, S.Ag., Ketua LAN (Lembaga Anti-Narkoba) Kabupaten Aceh Timur Yusmaidi, S.E., dan tokoh masyarakat setempat.

Bupati Aceh Timur dalam sambutannya mengatakan kabupaten ini daerah besar dan perlintasan Narkoba, karena jarak wilayah yang luas ± 100 KM dan lautan memebentang di pesisir yang akan memudahkan masuknya barang haram melalui jalur tikus yang tidak terpantau oleh aparat keamanan. “Untuk itu marilah kita bekerja sama dari berbagai komponen untuk memberikan informasi ataupun penindakan terhadap pengedar ataupun pemakai barang haram tersebut,” ujar bupati. 

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro dalam sambutannya menyampaikan pengungkapan pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu oleh Satresnarkoba pada Jumat, 17 April 2020, di Desa Naleung, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, telah diamankan beberapa tersangka. Yakni, KS (35), BS (31), AJ (46), TJ (22), keempatnya warga Desa Naleun, Kecamatan Julok, dan JN (22), warga Desa Alue Cek Doi, Kecamatan Julok.

Adapun BB diamankan 45 bungkusan plastik berwarna emas diduga keras berisikan narkotika jenis sabu, tiga boat, satu HP satelit, satu unit GPS, dan satu sepeda motor.

Kapolres menjelaskan kronologi pengungkapan kasus itu berawal dari informasi masyarakat bahwa adanya pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu jaringan internasional wilayah perairan Julok. Dengan adanya informasi tersebut dilakukan penyelidikan selama lebih kurang satu bulan di perairan Aceh Timur. Sebelumnya telah dilakukan upaya penangkapan terhadap para tersangka, namun saat itu tersangka berhasil meloloskan diri dari petugas.

Selanjutnya petugas kembali melakukan pengintaian dan pendalaman cara kerja para tersangka dan pada Jumat 17 April 2020 pukul 03.30 WIB tepatnya di Dusun Rawang, Desa Naleung Kecamatan Julok. Petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka KS dengan barang bukti 20 bungkusan plastik berwarna emas berisikan narkotika jenis sabu dengan berat 19.850 gram.

Setelah dilakukan pengembangan petugas kembali mengamankan tersangka BS dengan barang bukti 25 bungkusan plastik berwarna emas berisikan narkotika jenis sabu seberat 25.805 gram. Lalu, diamankan tersangka AJ, TJ dan JN beserta barang bukti lainnya.

Terhadap lima tersangka itu dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Jo 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati pidana penjara seumur hidup, atau paling lama 20 tahun atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan atau pidana denda Rp10 miliar.

“Dalam perkara ini masih ada beberapa tersangka lainnya yang dalam pengejaran petugas dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO),” kata Kapolres.

Kapolres mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Timur agar jangan ragu untuk melaporkan segala kejahatan khususnya penyalahgunaan narkotika. “Dan dalam situasi sekarang ini marilah kita tetap mematuhi anjuran-anjuran pemerintah dalam menghadapi Covid-19,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemusnahan BB 20 bungkusan plastik berwarna emas berisikan plastik bening berisikan kristal diduga narkotika jenis sabu dengan berat 19.130 gram dan 25 bungkusan plastik berwama emas berisikan plastik bening berisikan kristal diduga narkotika jenis sabu dengan berat 24.905 gram.[](rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.