12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Polres Pidie Bakar 240 Kg Ganja, Ini Penjelasan Wakapolres

...

  • ZAMAH SARI
  • 21 April 2020 13:30 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Sebanyak 240 kilogram narkotika jenis ganja hasil tangkapan tersangka bandar, Dian Amirullah (23), warga Gampong Muecat Teubeng, Kecamatan Pidie,  Kabupaten Pidie, 5 April 2020 lalu, dimusnahkan di halaman belakang Polres Pidie, Selasa, 21 April 2020. 
Pemusnahan barang bukti (BB) dilakukan dengan cara membakar paket ganja. Dari 240 kg ganja kering hanya disisakan 490 gram sebagai barang bukti untuk proses hukum. Sisanya 239,510 kilogram dimusnahkan. 

Pemusnahan ganja dipimpin Wakapolres Pidie, Kompol Iskandar, dihadiri Sekda Pidie, Idhami, Kepala BNN Kabupaten Pidie, AKBP Sulaiman, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Pidie, Dahnil, S.H., Kepala Dinas Kesehatan, Efendi dan Pasi Intel Kodim 0102 Pidie.

Wakapolres Pidie, Kompol iskandar kepada portalsatu.com, mengatakan, pemusnahan barang bukti itu dilaksanakan setelah berkas perkara tersangka lengkap dan saat ini tinggal melimpahkan ke jaksa. 

Barang haram itu, menurut Iskandar, disita dari tersangka Dian Amirullah yang disimpan dalam karung di semak-semak tepi kali Krueng Teukah, Gampong Jawa Teubeng. 

"Pertama petugas menemukan ganja dalam karung yang disembunyikan di semak-semak tepi kali. Dari itu anggota langsung mencari keberadaan tersangka yang lari bersama mobil Xenia warna putih dengan nomor polisi 1024 JC," jelas Iskandar. 

Petugas berhasil mengejar tersangka bersama mobilnya yang mengarah ke arah Pidie Jaya. Dengan dibantu Satuan Narkoba Pidie Jaya, tersangka berhasil dicegat di persimpangan Kecamatan Ulim, Pidie Jaya.  Saat diperiksa dalam mobil, petugas berhasil menemukan tiga karung ganja kering.

"Total BB yang kita sita dari dua lokasi tersebut 6 karung. Tersangka saat ditangkap tidak melakukan perlawanan. Petugas langsung mengamankan tersangka bersama barang bukti ganja dan mobil ke Polres Pidie. 

Wakapolres mengatakan, tersangka akan dijerat  UU Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.