29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Prof Rusjdi Ali Muhammad Pimpin Asosiasi Tradisi Lisan Aceh

...

  • Fakhrurrazi
  • 28 September 2020 17:30 WIB

Pengukuhan pengurus Asosiasi Tradisi Lisan Aceh [Foto: IST]
Pengukuhan pengurus Asosiasi Tradisi Lisan Aceh [Foto: IST]

Tradisi lisan di Aceh telah memberikan sumbangan yang begitu besar bagi kekayaan tradisi lisan nusantara dan dunia.

BANDA ACEH – Mantan Rektor Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry, Prof Rusjdi Ali Muhammad terpilih sebagai Ketua Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Aceh periode 2020-2025. Sementara  Dr Reza Indria ditetapkan sebebagai ketua harian.

Pengukuhan pengurus ATL dilakukan, Selasa, 29 September 2020 di Hotel Kryad Muraya, Banda Aceh. Pelantikan pengurus ATL dibuka oleh Wali Nanggroe Aceh PYM Malik Mahmud Al-Haytar. Sementara prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua ATL Pusat, Dr Pudentia MPSS secara daring.

Dalam sambutannya Malik Mahmud menyampaikan apresiasi terhadap pengurus ATL karena asosiasi tersebut memiliki koneksi yang luas di seluruh dunia dan salah satu lembaga kebudayaan yang diakui oleh UNESCO. Wali Nanggroe juga bertindak sebagai pembina dalam ATL bersama sejumlah rektor perguruan tinggi di Aceh, ulama dan tokoh media/dunia usaha. 

Ketua ATL pusat, Dr Pudentia yang juga menjadi salah seorang pemateri pada diskusi menegaskan bahwa tradisi lisan di Aceh telah memberikan sumbangan yang begitu besar bagi kekayaan tradisi lisan nusantara dan dunia. Selain itu diskusi daring saat pelantikan ATL Aceh itu juga menghadirkan  Irini Dewi Wanti, S.S., M.SP (BNPB Aceh), dan Drs. Nurdin AR, M.Hum (UIN Ar-Raniry).

Ketiga narasumber berbagi pengetahuan tentang tradisi lisan dan mengkaji sumbangan tradisi lisan di Aceh bagi budaya Nusantara. Hasil dari diskusi tersebut diharapkan bisa menjadi bahan dan saran, dan rekomendasi pengurus baru ATL Provinsi Aceh dalam membuat rencana dan strategi kerja.

Peserta terdiri dari panitia, pengurus ATL Aceh, narasumber seminar budaya dan undangan. Representasi yang diundang untuk kegiatan ini dibatasi mengikuti protokol kesehatan Covid-19. [rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.