26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Buruh Bongkar Muat Gelar Aksi

...

  • PORTALSATU
  • 09 January 2019 16:30 WIB

Foto: Khairul Anwar
Foto: Khairul Anwar

BANDA ACEH - Puluhan buruh bongkar muat menggelar aksi di depan terminal bongkar muat barang di Santan, Kecamatan Pagar Air, Aceh Besar, Rabu, 9 Januari 2018. Aksi ini untuk memprotes perusahaan pengelola bongkar barang agar menaikkan tarif upah buruh.

Koordinator aksi, Samsul Bahri (60), mengatakan, ongkos bongkar muat barang yang ditetapkan pengusaha angkutan truk di terminal bongkar muat barang untuk didistribusikan ke kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar, tarifnya tak layak dibandingkan dengan pekerjaan sangat berat dan berisiko.

“Buruh di sini bukan hanya membongkar (dan) muat, tapi kami juga mengantar langsung ke toko pemilik barang. Makanya kalau hitung-hitungan ongkosnya itu tak sesuai,” tegas Samsul.

Samsul menjelaskan, ongkos bongkar dan muat barang dari truk besar ke truk kecil, satu truk hanya dibayar Rp1 juta. Padahal, kata dia, barang tersebut diantar langsung ke toko pemilik barang, baik di seputaran Banda Aceh maupun Aceh Besar.

"Harganya itu ditentukan oleh pengusaha armada angkutan truk sepuluh persen, berdasarkan harga ongkos pengiriman barang dari Medan. Harga pengiriman barang satu truk dari Medan ke Banda Aceh Rp10 juta, ongkos bongkar muat dalam satu truk hanya Rp1 juta. Artinya itu sangat murah. Jika dibandingkan dengan gaji buruh sehari berkerja hanya dapat uang Rp70 ribu,” kata Samsul.

Samsul menyebutkan, aksi mogok kerja buruh bongkar muat akan berlanjut sampai adanya keputusan antara pengusaha armada pengangkutan dan Dinas Perhubungan soal tarif upah buruh.[]

Penulis: Khairul Anwar
 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.