10 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Geuchik Lhokseumawe Bimtek di Bandung

...

  • PORTALSATU
  • 08 August 2018 17:50 WIB

Ilustrasi bimtek. Foto via sulutpos.com
Ilustrasi bimtek. Foto via sulutpos.com

LHOKSEUMAWE - Puluhan geuchik dari empat kecamatan di Kota Lhokseumawe dikabarkan mengikuti bimbingan teknis di Bandung, Jawa Barat, menggunakan APBG masing-masing gampong tahun 2018.

Informasi dihimpun portalsatu.com, Rabu, 8 Agustus 2018, dari 68 gampong di Kota Lhokseumawe, ada belasan geuchik yang tidak berangkat ke Bandung untuk mengikuti bimtek. Puluhan geuchik dari empat kecamatan berangkat dari Lhokseumawe ke Medan, Sabtu, 4 Agustus 2018, malam. Dari Medan, mereka terbang dengan pesawat ke Bandung, Minggu siang.

Bimtek peningkatan kapasitas aparatur desa itu digelar Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) DPD Suamtera Utara. Bimtes diikuti puluhan geuchik Lhokseumawe dilaksanakan di V Hotel & Residence, Jalan Terusan Ir. Sutami III, Kota Bandung, 5-9 Agustus 2018 (empat malam). Hal itu berdasarkan data dalam surat dikirim IAPI DPD Sumut kepada para geuchik di Lhokseumawe tanggal 26 Juli 2018.

Geuchik Gampong Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, H. Abdul Gani, membenarkan bimtek yang ia ikuti bersama puluhan geuchik lainnya dilaksanakan IAPI tersebut. “Sekarang bimtek sudah selesai. Insya Allah, jika tidak ada halangan, besok kami kembali ke Lhokseumawe,” ujar Abdul Gani dikonfirmasi lewat telepon seluler, Rabu sore.

Geuchik Abdul Gani menyebutkan, para narasumber atau pemateri bimtek itu, ada dari unsur pemerintah dan akademisi. “Tentu bermanfaat untuk peningkatan kapasitas kami menyangkut tata kelola dana desa. Jadi, ini untuk mengingatkan bagaimana mengelola anggaran sesuai ketentuan berlaku, harus hati-hati agar tidak terjadi kesalahan,” katanya.

Bukankah bimtek seperti itu juga bisa dilaksanakan di Lhokseumawe? “Bisa, bisa saja,” ujar Abdul Gani yang saat dihubungi mengaku sedang menuju masjid untuk salat Asar.

Abdul Gani mengaku tidak mengikuti bimtek saat dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun lalu.

Catatan portalsatu.com, puluhan geuchik dari empat kecamatan di Kota Lhokseumawe diterbangkan ke Lombok, NTB, pertengahan November 2017, untuk mengikuti bimtek menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Lhokseumawe, Iskandar dihubungi portalsatu.com, Kamis, 16 November 2017, membenarkan kegiatan diikuti hampir seluruh geuchik di kota itu menggunakan dana desa dalam rangka pelatihan peningkatan SDM aparatur.

“Kegiatan itu inisiatif para geuchik, ada payung hukumnya yaitu Peraturan Walikota, kemudian dana maksimal yang bisa digunakan per peserta adalah Rp20 juta. Batasan untuk itu sengaja kita buat, agar penggunaannya setara, tidak melebihi dari angka tersebut,” ujar Iskandar, saat itu. (Baca: Puluhan Geuchik di Lhokseumawe Naik Pesawat Lagi, Kali Ini ke Lombok)

Sebelumnya, puluhan geuchik di Lhokseumawe diterbangkan ke Yogyakarta untuk kegiatan yang hampir sama pada tahun 2016. (Baca: Puluhan Geuchik Lhokseumawe Diterbangkan ke Yogyakarta)

Sementara itu, para geuchik di Aceh Utara mengikuti bimtek di Lombok, NTB, tahun ini. Mereka berangkat secara bertahap untuk beberapa kecamatan. Sedangkan tahun lalu, para geuchik Aceh Utara bimtek di Yogyakarta.[](idg)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.