13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Jurnalis Ikuti Google News Initiative Training Network di Lhokseumawe

...

  • Fazil
  • 09 December 2018 09:00 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

LHOKSEUMAWE - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerja sama dengan Google News Initiative dan Internews menggelar Google News Initiative Training Network yang diikuti 25 jurnalis di Lhokseumawe. Kegiatan berlangsung 8-9 Desember 2018, di Harun Square Hotel, Lhokseumawe, itu menghadirkan dua pemateri, Hendra Makmur dan Hotli Simanjuntak, trainer Google News Initiative (GNI), didampingi Geril Dwira, staf AJI Indonenesia. 

Dalam pelatihan itu, para jurnalis dari berbagai media dilatih cara memaksimalkan tools di internet dalam melakukan verifikasi online terhadap informasi yang banyak beredar di dunia maya.

"Pelatihan ini tentu sangat penting bagi para jurnalis supaya dapat memaksimalkan tools yang tersedia di internet untuk memperoleh data yang akurat. Selain itu, mengenal sejumlah metode penelusuran data, dan melakukan pengamanan diri di dunia digital," ujar Hendra Makmur, yang juga Korwil Sumatera AJI Indonesia.

Sementara Hotli Simanjuntak menyebutkan, jurnalis harus lebih berhati-hati dalam menerima setiap informasi dan wajib melakukan verifikasi.

"Dalam kegiatan ini kita berikan berbagai materi tentang pengenalan hoaks atau berita bohong, perbedaan misinformasi dan disinformasi serta pengenalan perangkat di internet guna mengantisipasi dan mengetahui kebenaran berita yang beredar di dunia maya," ujar Hotli, yang juga jurnalis EPA.

Hotli menyebutkan, ada banyak tools di internet yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak buruk hoaks yang terjadi di tengah masyarakat.

Sementara itu, di tempat yang sama, besok (Senin), akan digelar seminar dengan tema "Hoax Busting and Digital Hygiene", yang akan diikuti para mahasiswa, aktivis LSM dan tokoh masyarakat.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.