01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Kendaraan Terpaksa Putar Balik ke Sumut di Perbatasan Aceh

...

  • Fakhrurrazi
  • 21 May 2020 19:45 WIB

Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani. Foto dok istimewa
Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani. Foto dok istimewa

BANDA ACEH - Sebanyak 40 kendaraan pribadi dan angkutan umum yang masuk ke perbatasan Aceh Tenggara dipaksa putar balik ke Sumatera Utara. Penyekatan di perbatasan ini dilakukan untuk menghambat penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol. Dicky Sondani, menyebutkan, jumlah kendaraan yang diminta putar balik terdiri dari 25 mobil pribadi dan 15 mobil angkutan umum.

"Untuk jumlah penumpang kedua jenis kendaraan ini sekitar 87 orang,” kata Dicky kepada wartawan, Kamis, 21 Mei 2020.

Dicky mengatakan tim gabungan telah melakukan pemeriksaan di perbatasan Lawe Pakam, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara. Setiap kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas dihentikan petugas gabungan. 

Setiap penumpang diminta turun lalu dicek suhu tubuh, disemprotkan disinfektan serta ditanya riwayat perjalanan seminggu terakhir. "Dalam razia tadi ada 40 kendaraan yang boleh masuk ke Aceh Tenggara,” ujarnya.

Tim gabungan, sebut Dicky, terus melakukan penyekatan terhadap angkutan umum yang hendak masuk ke wilayah Aceh dari Sumatera Utara di empat titik perbatasan lain yakni, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam, dan Aceh Singkil.

Diberitakan sebelumnya, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik menjelang lebaran Idulfitri 1441 Hijriah, Polda Aceh memperketat pengamanan di perbatasan Aceh-Sumut guna mencegah bus angkutan umum yang hendak masuk ke Serambi Mekkah.

"Semua angkutan umum jenis apapun yang memasuki Aceh akan diminta kembali ke wilayah Sumut, mulai 21 Mei 2020," kata Kombes Pol Dicky Sondani.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.