07 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Mahasiswa Subulussalam di Jawa tak Bisa Mudik, Politikus PAN Minta Pemko Pikirkan Nasib Mereka

...

  • SUDIRMAN
  • 27 April 2020 21:15 WIB

Bahagia Maha. Foto: dok. portalsatu.com
Bahagia Maha. Foto: dok. portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Puluhan mahasiswa asal Kota Subulussalam di luar daerah khususnya di Pulau Jawa tak bisa mudik ke kampung halaman akibat dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang saat ini sedang melanda Indonesia.

Anggota DPRK Subulussalam dari Partai Amanat Nasional (PAN), Bahagia Maha, mengaku prihatin terhadap nasib puluhan mahasiswa asal Bumi Sada Kata saat ini bertahan di Pulau Jawa di tengah pandemi global.

Sementara kondisi perekonomian orang tua di kampung juga ikut terdampak Covid-19. Sehingga untuk mengirim uang belanja kepada anak-anak mereka yang berada di perantauan menjadi sulit karena pendapatan selama Covid-19 hanya pas-pasan.

"Akibat wabah virus corona tentu perekonomian orang tua mereka juga jadi terjepit dampak pandemi Covid-19 ini. Sehingga untuk mengirimkan uang belanja untuk anak-anak mereka yang di perantauan jadi sulit bagi orang tua mereka yang berpendapatan pas-pasan," ungkap Bahagia Maha yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRK Subulussalam kepada portalsatu.com, Senin, 27 April 2020.

Terhadap kondisi tersebut, Ketua Fraksi Granat DPRK Subulussalam ini meminta Pemerintah Kota Subulussalam memikirkan nasib pemuda dan pemudi asal Bumi Syekh Hamzah Fansuri kini bertahan di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Mereka tidak bisa mudik karena adanya larangan pemerintah pusat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Mereka tidak bisa mudik dan bertahan di sana, bisa-bisa mereka kehabisan uang untuk makan dan kebutuhan lainnya," ucap Bahagia Maha.

"Sementara menunggu kiriman orang tua juga tidak ada karena kondisi ekonomi sedang sulit. Warga diminta tidak keluar rumah demi mematuhi instruksi pemerintah mencegah menuluran Covid-19," kata Bahagia Maha.

Menurut Bahagia Maha, berdasarkan data ia peroleh sekitar 49 mahasiswa asal Kota Subulussalam saat ini bertahan di Pulau Jawa karena tidak bisa mudik ke kampung halaman.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.