17 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Ormas di Simeulue Tidak Terdaftar di Kesbangpol

...

  • PORTALSATU
  • 24 November 2019 21:30 WIB

Forum Group Discussion Kepemudaan dan Ormas di Kabupaten Simeulue. Foto: Egar
Forum Group Discussion Kepemudaan dan Ormas di Kabupaten Simeulue. Foto: Egar

SIMEULUE – Banyak organisasi masyarakat (Ormas) yang beroperasi di Kabupaten Simeulue tidak terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

Kepala Badan Kesbangpol Simeulue, Alwi Alhas, didampingi Plt. Kabid Politik Dalam Negeri (Poldagri), Rafuan, kepada portalsatu.com, 22 November 2019, mengatakan hasil survei dan pendataan, di kabupaten tersebut terdapat sekitar 46 Ormas. Dari jumlah itu, sekitar 39 Ormas tidak terdaftar dan terakreditas. Hanya tujuh Ormas memenuhi persyaratan melaksanakan kegiatannya.

Tujuh Ormas yang terdaftar secara resmi di Badan Kesbangpol Simeulue terungkap dalam Forum Group Discussion (FGD) Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Ormas, yang melibatkan unsur pemerintahan serta OKP dan Ormas, 22 November 2019.

"Hasil pendataan kita, dari sekitar 46 Ormas yang ada di Simeulue, hanya tujuh Ormas yang resmi terdaftar di Kesbangpol. Informasi yang kita terima, banyak Ormas yang aktif, namun tidak melaporkan kegiatannya," kata dia. 

Sementara itu, Ketua KNPI Simeulue, Herman Hidayat, dalam FGD OKP dan Ormas, menyoroti suhu politik di kabupaten tersebut yang cenderung hanya membahas isu "di dalam dan ke dalam".

"Suhu politik di Kabupaten Simeulue, cenderung hanya membahas isu di dalam saja, hingga isu ‘pecah piring’ saja dibahas. Sebaiknya kita harus garang di luar daerah untuk mempertahankan kepentingan daerah kita," tegasnya.[]

Penulis: Egar Shabara

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.