07 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Hari HIV-AIDS Sedunia
Puluhan Pelajar SMA Subulussalam Ikuti Sosialisasi HIV-AIDS

...

  • SUDIRMAN
  • 02 December 2019 12:30 WIB

Foto: Sudirman/portalsatu.com
Foto: Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Puluhan pelajar SMA Simpang Kiri, Kota Subulussalam mengikuti sosialisasi HIV-AIDS, TB paru, bahaya narkoba, dan manfaat donor darah, digelar di sekolah setempat, Senin, 2 Desember 2019.

Sosialisasi tersebut digelar IDI Kota Subulussalam bekerja sama dengan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI), BFLF dan pihak kepolisian, dalam rangka memperingati Hari HIV-AIDS Sedunia pada 1 Desember/kemarin.

Mantan Direktur RSUD Kota Subulussalam, dr. Sarifin Usman Kombih, yang juga Ketua PPTI Kota Subulussalam, mengatakan sosialisasi HIV AIDS dilaksanakan di seluruh SMA sederajat, di lima kecamatan dalam wilayah Kota Subulussalam, secara bergilir.

"Hari ini perdana kita gelar di SMA Simpang Kiri, minggu depan dilanjutkan ke sekolah lain," kata Sarifin Usman Kombih di sela-sela sosialisasi tersebut.

Sarifin Usman Kombih mengatakan, pentingnya sosialisasi HIV AIDS bagi pelajar SMA sederajat mengingat masih tingginya kasus HIV AIDS di Kota Subulussalam, mayoritas penderita dari golongan kaum pria.

Ia mengatakan, tahun 2018 tercatat 7 kasus dengan rincian, 5 laki-laki dan 2 perempuan. Sementara tahun 2019 dari Januari sampai Oktober tercatat 6 kasus, 5 pria, 1 perempuan.

"Kalau HIV AIDS satu aja ada udah luar biasa. Itu yang berobat sama kita jumlah segitu, yang gak berobat berapa lagi, yang gak diperiksa berapa lagi," ungkap Kepala Puskesmas Penanggalan ini.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi TB paru, bahaya narkoba, dan manfaat donor darah. Untuk kasus TB paru di Kota Subulussalam, Sarifin Usman Kombih menyebutkan tergolong tinggi mencapai 128 di tahun 2019.

Selain Sarifin Usman Kombih, Ketua IDI Kota Subulussalam, dr. M Armansyah, Ketua BFLF Aradhi Karim, S.S., dan unsur dari kepolisian Aipda Subur, secara bergantian memaparkan materi sosialisasi kepada puluhan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Simpang Kiri.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.