27 May 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Petugas Kesehatan RS Kasih Ibu ‘Dirumahkan?’

...

  • DATUK HARIS MOLANA
  • 10 January 2017 21:20 WIB

Foto: Ilustrasi.@Istimewa
Foto: Ilustrasi.@Istimewa

LHOKSEUMAWE - Puluhan petugas kesehatan di Rumah Sakit Kasih Ibu Lhokseumawe dilaporkan telah “dirumahkan” alias diliburkan. Kebijakan itu dilakukan pihak rumah sakit diduga akibat tidak ada lagi kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Lhokseumawe.

“Saya tidak bekerja lagi sudah hampir satu minggu. Alasan pihak rumah sakit belum memperpanjang kerja sama dengan pihak BPJS Lhokseumawe. Katanya, jika nanti sudah ada kerja sama lagi maka akan dipanggil untuk bekerja di situ seperti biasanya,” kata R, salah seorang perawat RS Kasih Ibu dihubungi portalsatu.com, Selasa, 10 Januari 2017. 

Dia menyebut puluhan perawat dan pekerja lainnya di RS Kasih Ibu kini “dirumahkan”.

Sementara itu, salah seorang perawat ditemui portalsatu.com di RS Kasih Ibu, Selasa, sekitar pukul 17.15 WIB, mengatakan, “Saya dengar ada petugas kesehatan yang ‘dirumahkan’. Namun berapa jumlahnya saya tidak tahu”.

Perawat itu mengaku dirinya termasuk yang belum “dirumahkan” pihak RS Kasih Ibu. “Kalau bisa kan jangan,” kata dia sambil berjalan keluar dari rumah sakit tersebut.

Staf Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe Putri Maryati membenarkan untuk sementara ini pihaknya belum memperpanjang kerja sama dengan RS Kasih Ibu.

“Sementara waktu BPJS belum memperpanjang kerja sama dengan RS Kasih Ibu. Untuk saat ini kami lakukan evaluasi dulu kinerja sebelumnya bersama pihak rumah sakit,” kata Putri ditemui portalsatu.com di Kantor BPJS Kesehatan Lhokseumawe.

Putri menyebut pihaknya bukan memutuskan kerja sama secara total, tetapi belum memperpanjang saja. “Kemungkinan diperpanjang (kerja sama) ada, tetapi waktunya tidak ditentukan. Mungkin saja tiga bulan ke depan atau dua bulan baru diperpanjang. Intinya kami evaluasi dulu,” ujar Putri.

“BPJS bukan sendiri. Kita ada mitra. Ada hal yang harus kita evaluasi dulu sebelum memperpanjang sebuah kerja sama,” kata dia lagi tanpa mau menyebutkan persoalan yang dievaluasi.

Sejauh ini portalsatu.com belum berhasil mengonfirmasi direktur RS Kasih Ibu Lhokseumawe. Saat portalsatu.com mendatangi rumah sakit itu, Selasa, 10 Januari 2017, sore, direkturnya sedang tidak ada di tempat.

“Pimpinan tidak ada. Beliau sedang di luar,” kata petugas keamanan rumah sakit itu.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.