30 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Rumah di Pidie Terendam

...

  • ZAMAH SARI
  • 14 February 2020 16:45 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Puluhan rumah di Kecamatan Pidie dan Kota Sigli, Kabupaten Pidie, terendam banjir luapan Sungai (Krueng) Teukah, sejak Jumat, 14 Februari 2020 pagi, setelah hujan deras mengguyur kawasan itu, Kamis malam.

Rumah-rumah warga yang terendam berada di Gampong Cot Rheng dan Cot Teungoh, Kecamatan Pidie. Selain itu, rumah warga Gampong Asan, Kecamatan Kota Sigli.

Muspika Pidie, Jumat pagi, meninjau lokasi genangan air di Gampong Cot Rheng dan Cot Teungoh. Hasil pengecekan, banjir itu terjadi akibat hujan deras dan meluapnya saluran pembuang Krueng Teukah.

Camat Kecamatan Pidie, Miswar, S.Sos., M.M., didampingi Kapolsek Pidie, Iptu Nurman Ali, S.H., dan Danramil 04 Pidie, Kapten Inf Agus Suharsono, kepada portalsatu.com saat pengecekan ke lapangan, mengatakan banjir disebabkan hujan deras selama lima jam, Kamis malam. Akibat hujan deras menyebabkan saluran pembuang yang sudah dangkal tidak mampu menampung air. 

"Banjir selain hujan deras juga disebabkan saluran pembuang sudah dangkal sehingga tidak mampu menampung lagi. Akibatnya meluap dan menggenangi permukiman penduduk," ujar Miswar.

Selain rumah, banjir merendam tanaman padi di dua gampong tersebut. Petani merasa khawatir tanaman padi mereka akan matinya bila tidak segera ditanggulangi.



Berdasarkan data dari Muspika Pidie, banjir luapan itu merendam 15 rumah di Gampong Cot Rheng dan 10 rumah di Cot Teungoh. Namun, belum ada warga yang mengungsi.

Banjir luapan Krueng Teukah juga merendam belasan rumah di Gampong Asan, Kecamatan Kota Sigli.  Air naik ke permukiman warga sejak Jumat pagi hingga siang semakin meluas. Banjir turut menutup badan jalan lintas Gampong Asan sehingga sulit untuk dilalui kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Dewan Ansari, dikonfirmasi, Jumat, mengaku belum menerima laporan tentang banjir akibat hujan deras di Pidie. "Sejauh ini belum ada laporan yang kita terima. Kita tetap berjaga dan melakukan pemantauan," ujarnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.