26 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rakor Pengembangan Dayah, Ini Kata Wabup Abu Yus

...

  • PORTALSATU
  • 14 September 2018 15:30 WIB

Tgk. Yusri Sofyan (Abu Yus). @dok. Pemkab Aceh Jaya
Tgk. Yusri Sofyan (Abu Yus). @dok. Pemkab Aceh Jaya

ACEH JAYA - Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Yusri Sofyan, membuka Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pengembangan Dayah se-Kabupaten Aceh Jaya, di Hotel Pantai Barat, Kamis, 13 September 2018.

Tgk. Yusri Sofyan dalam sambutannya mengatakan tujuan dilakukan rapat koordinasi persepsi Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan Dinas Dayah Kabupaten Aceh Jaya untuk membantu pengembangan dayah ke depan di Kabupaten/Kota se-Aceh secara umum, dan dayah di Aceh Jaya khususnya. 

Abu Yus--sapaan akrab Tgk. Yusri--mengatakan, "Kita Aceh mempunyai otonomi khusus, dan merupakan daerah keistimewaan, sehingga Provinsi Aceh mempunyai Dinas Syariat Islam yang belum ada di provinsi lain di Indonesia".

"Melalui otonomi khusus sesuai dengan undang-undang dan aturan 20 persen dari anggaran otsus wajib diperuntukkan untuk pendidikan, dan pendidikan tersebut tidak hanya untuk pendidikan umum, tetapi juga untuk pendidikan agama yaitu melalui dayah dan pesantren yang ada di Aceh," jelas Abu Yus.

“Lembaga pendidikan dayah sudah ada sebelum adanya Dinas Syariat Islam dan Dinas Dayah. Sejak abad ke-16 sudah ada dayah yang dibangun oleh ulama-ulama kita dulu. Karena itu, pemerintah pusat mengakui kekhususan Aceh. Maka perhatian untuk dayah harus kita tingkatkan,” ujarnya.

Sementara Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Usamah, S.Ag., M.M., mengatakan saat ini Dinas Pendidikan Dayah Aceh sedang menggodok Rancangan Qanun Penyelenggaraan Pendidkan Dayah. Dalam rancangan qanun tersebut disebutkan bahwa kewajiban pemerintah memberikan bantuan kepada lembaga pendidikan dayah atau pesantren termasuk mengalokasikan 20 persen dari total APBK, APBA dan APBN.

Usamah mengharapkan kepada seluruh dayah, terutama dayah modern, agar dalam proses pembelajaran untuk menjaga marwah dayah yang ada di Aceh supaya kitab kuning tetap diajarkan.

Rakor dan Konsolidasi Pengembangan Dayah se-Aceh Jaya, menampilkan narasumber Kadis Pendidikan Dayah Aceh, dan tokoh pembangunan dan pendidikan Aceh Jaya, Ir. H. Azhar Abdurrahman. Rakor itu dihadiri 30 pimpinan dayah se-Kabupaten Aceh Jaya dan SKPK terkait.[](*)

Editor: Arman


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.