29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Realisasi Anggaran Covid Gayo Lues Capai Rp 23 Miliar

...

  • Win Porang
  • 24 September 2020 15:20 WIB

Kepala BPBD Kabupaten Gayo Lues, Suhaidi  [Foto: Win Porang]
Kepala BPBD Kabupaten Gayo Lues, Suhaidi [Foto: Win Porang]

Jumlah realisasi anggaran Covid-19 Gayo Lues akan terus bertambah karena ada pembelian alat rapid test, serta untuk biaya penanganan pasien Covid-19, baik yang diisolasi di BLK maupun dirawat di rumah sakit.

BLANGKEJEREN – Alokasi dana untuk penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Gayo Lues mencapai Rp41 miliar. Rp 23 miliar di antaranya sudah direalisasikan, yakni Rp16 miliar untuk penanganan kesehatan dan Rp7 miliar untuk pemulihan ekonomi.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Suhaidi, selaku Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gayo Lues menanggapi data dirilis Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA). Suhaidi menjelaskan, jumlah anggaran dan realisasinya lebih besar dari yang dirilis MaTA.

"Setelah ada refocusing, anggaran Covid-19 Gayo Lues berjumlah Rp41 miliar, untuk penanganan kesehatan yang sudah terpakai Rp16 miliar, dan untuk pemberdayaan ekonomi atau pemulihan ekonomi berjumlah Rp7 miliar,"  jelasnya.

Jumlah realisasi itu, kata Suhaidi, kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, apalagi kasus positif Covid-19 di negeri seribu bukit tersebut terus bertambah. Anggaran tersebut juga akan dipakai untuk membeli peralatan rapid test dan biaya penanganan pasien positif Covid-19 baik yang diisolasi di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) maupun dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Muhammad Ali Kasim.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Advokasi Kebijakan Publik MaTA, Hafidh merilis bahwa alokasi penagganan Covid-19 untuk Gayo Lues berjumlah Rp17 miliar, dan sudah teralisasi Rp 11 miliar lebih atau 67,65 persen per Juli 2020.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.