26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Relawan ACT Aceh Kembali Dikirim ke Lombok

...

  • PORTALSATU
  • 25 August 2018 09:30 WIB

 Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh mengirimkan relawan untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). @Istimewa
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh mengirimkan relawan untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). @Istimewa

BANDA ACEH -  Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh kembali mengirimkan relawan untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena hingga kini masih banyak warga terdampak bencana yang tinggal di tenda darurat.

Ketua Tim Relawan ACT Aceh Mulya mengatakan, mereka dikirim untuk memperkuat tim ACT yang sudah lebih dahulu berada di Lombok. Para relawan akan berkerja sama untuk memberikan bantuan kepada korban gempa.

"Keseringan mengalami bencana alam, masyarakat Aceh mempunyai rasa saling senasib dan sepenanggungan pada masyarakat yang tertimpa musibah seperti Lombok," kata Mulya kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (24/8).

ACT Aceh mengirimkan sebanyak lima relawan yang memiliki beragam keahlian. Adalah Mulya (medis), Rauzi Haristia (sopir), Munarul (Fotografer), Ilham (Manajemen  Posko) dan, M. Yogaswara (Manajemen Posko). Nantinya, tim ditempatkan di posko yang berbeda untuk membantu para pengunsi.

"Lombok yang terus-terusan dilanda gempa butuh banyak tim relawan untuk membantu masyarakat di sana. Kami datang ke sana untuk memenuhi panggilan kemanusiaan, membantu masyarakt Lombok yang sedang ditimpa musibah," tambah Mulya.

Mulya berharap tim relawan bisa menjadi perwakilan bahwa masyarakat Aceh juga hadir di tengah-tengah warga Lombok yang tengah dilanda musibah. Bencana tersebut seolah menginatkannya pada gempa di Pidie Jaya akhir Desember 2016. "Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter memporak porandakan Pidie Jaya. Ratusan bangunan  rusak parah, rata dengan tanah," sebutnya.

Setibanya di Lombok, para relawan akan mengadakan layanan kesehatan dan layanan psikoedukasi bagi masyarakat. Hal itu diharapkan bisa membantu masyarakat untuk tidak mudah mengalami stres atau gangguan jiwa ketika mengalami musibah. []


Sumber: Jawapos.com

Editor: Arman

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.