26 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Relokasi Desa Rawan Bencana Butuh Anggaran Rp 38 M

...

  • portalsatu.com
  • 21 January 2020 17:30 WIB

Kepala BPBD Gayo Lues, Suhaidi [Foto: Win Porang]
Kepala BPBD Gayo Lues, Suhaidi [Foto: Win Porang]

Relokasi Desa Uyem Beriring yang rawan bencana longsor diperkirakan butuh dana senilar Rp 38 Milyar. Dana sebesar itu sudah diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

BLANGKEJEREN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Suhaidi, Selasa, 21 Januari 2020 mengungkapkan, profosal relokasi warga Uyem Beriring dan Pasir sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat setelah adanya hasil kajian dari tim Universitas Gajah Mada (UGM).

"Dari BNPB sudah ada tanggapan, proposal relokasi Uyem Beriring sedang diverifikasi, karena proposal itu kita lampirkan juga hasil kajian dari UGM, bahwasanya hasil kajian itu, desa Uyem Beriring, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues wajib direlokasi," katanya.

Dilanjutkan Suhaidi, anggaran Rp 38 Milyar yang diusulkan itu kemungkinan tidak cukup sepenuhnya untuk merelokasi perumahan warga Uyem Beriring dan desa Pasir, tetapi bisa ditambah dari dana sharing jika memang sudah disetujui oleh Pemerintah Pusat.

Hal yang sama juga disampaikan Muhammad Saleh Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Gayo Lues. Katanya, jika ditotalkan keseluruhan dana beserta pembangunan pasilitas umum seperti air bersih, jalan lingkar dan Masjid, anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 50 Milyar.

"Untuk membangun rumah tipe 36, anggaran yang dibutuhkan kurang lebih Rp 161 juta per unit, dan apa bila Pemerintah Pusat menyetujui 70 persen anggaran yang dibutuhkan, barulah Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan dana 30 persen supaya target 100 persen bisa terwujud," katanya.[Win Porang]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.