18 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ribuan Peserta Tes CPNS di Aceh Utara Ikuti SKD, Ini Penilaiannya

...

  • Fazil
  • 28 January 2020 16:15 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

LHOKSEUMAWE - Sebanyak 5.604 peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Aceh Utara mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), di Auditorium Politeknik Negeri Lhokseumawe, sejak 27 Januari hingga 3 Februari 2020 mendatang.

Peserta ujian tampak mengenakan kemeja putih. Pria memakai celana kain hitam, sedangkan wanita mengenakan rok panjang hitam.

Koordinator Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT-BKN), Muhidin RO, S.H., M.Si., mengatakan, ujian SKD untuk wilayah Aceh Utara selama delapan hari. Hari pertama, kemarin (27 Januari 2020) berlangsung empat sesi dan satu sesi diikuti 150 peserta. “Dalam tes itu, pemerintah memberlakukan nilai ambang batas atau passing grade dan menjadi penentu kelulusan peserta ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)”.

"Passing grade itu dinilai dari segi Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan  (TWK). Untuk hari kedua ini terdapat lima sesi dan masing-masing diikuti 150 peserta, tetapi tergantung peserta yang hadir juga. Perserta CPNS secara keseluruhan di Aceh Utara berjumlah 5.604 orang," kata Muhidin kepada para wartawan, Selasa, 28 Januari 2020.

Menurut Muhidin, untuk mengikuti tes SKD tersebut para peserta harus menandatangani berita acara (daftar) kehadiran. “Artinya, secara otomatis bagi yang tidak melakukan itu maka gugur dengan sendirinya, terkecuali ada hal-hal yang memang bisa dimaklumi, misalkan (mengalami) kecelakaan. Dan kita akan memverifikasi atau melihat fisik yang bersangkutan sehingga bisa memberikan argumentasi kepada pihak penyelenggara atau BKN Pusat. Argumentasi dimaksud itu juga berkenaan dengan mengapa login-nya terlambat bagi peserta, karena keterlambatannya itu dari jadwal yang telah ditentukan yakni login sekitar pukul 08.00 WIB”.

"Tim pengawas ujian atau tes ini hampir keseluruhan dari pegawai Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh. Jadi, kami terdiri dari pengawas, super admin, admin aplikasi dan ada koordinator," ungkap Muhidin.

Muhidin menambahkan, sejauh ini pelaksaan tes SKD tersebut berjalan lancar, dari segi operasional komputer atau jaringan dan sebagainya tidak ada kendala maupun arus listrik. Namun, kata dia, sangat disayangkan apabila ada peserta sebelum mengikuti proses ujian sudah mengalami stres (gugup) duluan, karena itu akan memengaruhi konsentrasi mereka.

"Untuk itu kita berharap kepada peserta CPNS agar tetap fokus dan menghadapi secara tenang. Artinya, kesiapan mental serta belajar dari jauh hari sebelumnya itu perlu dipersiapkan secara baik," ujar Muhidin.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.