24 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Rontgen Harus ke RSUD Singkil, Bintang: Apa Kendala di RSUD Subulussalam?

...

  • SUDIRMAN
  • 23 May 2019 13:30 WIB

Foto: Sudirman/portalsatu.com
Foto: Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E., melakukan sidak ke RSUD setempat untuk mengecek proses pelayanan dan kendala yang dihadapi rumah sakit kebanggaan masyarakat Bumi Sada Kata itu, Kamis, 23 Mei 2019.

Hal ini menyusul banyaknya keluhan pasien belakangan ini karena harus ke Aceh Singkil untuk rontgen. Kondisi ini dilaporkan sudah berlangsung sebelum Ramadan kemarin sejak ruang rontgen RSUD berhenti beroperasi.

Pak Bintang panggilan akrab Affan Alfian Bintang, datang ke RSUD Kota Subulussalam didampingi Sekda Ir. Taufit Hidayat, M.M., Asisten I Setdako M. Yakob KS.,  Asisten II Lidang Padang, langsung menuju lantai II bertemu dengan Direktur RSUD dr. Sarifin Usman dan beberapa pejabat di lingkungan RSUD Kota Subulussalam.

Dalam pertemuan itu, Pak Bintang menanyakan persoalan dan kendala yang sedang dihadapi pihak RSUD Kota Subulussalam terkait tidak beroperasi ruang rontgen sehingga warga Subulussalam terpaksa ke RSUD Aceh Singkil untuk melakukan foto rontgen. 

"Masalah rontgen apa kendala, ini sudah banyak warga menyampaikan keluhan karena harus ke Singkil," tanya Pak Bintang. 

Direktur RSUD Kota Subulussalam, Sarifin Usman mengatakan saat pihaknya hendak mengurus perpanjangan izin rontgen, tim dari Jakarta memberitahu berdasarkan aturan baru, untuk perpanjangan izin rontgen harus ada dokter radiologi. 

"Sementara di RSUD Subulussalam tidak ada dokter radiologi, kendalanya di situ. Jadi kita harus cari dulu dokternya," ucap Sarifin Usman.

"Untuk wilayah Barat Selatan ini yang ada dokter radiologi hanya di Abdya. Setelah kita konsultasi dengan dokter yang bersangkutan, alhamdulillah beliau mau bekerja sama dengan ke RSUD Subulussalam," kata Sarifin Usman menambahkan.

Saat ini, kata Sarifin Usman, berkas dan syarat-syarat pengurusan perpanjangan izin rontgen telah lengkap dan akan segera dikirim ke Jakarta, diperkirakan sebelum lebaran Idul Fitri izin sudah keluar atau paling lambat setelah hari raya Idul Fitri. 

Sarifin Usman mengakui sulit mencari dokter radiologi, tidak hanya dialami RSUD Kota Subulussalam, tapi demikian juga rumah sakit lainnya. Bahkan, Aceh Barat saja harus mendatangkan dokter radiologi dari Banda Aceh yakni Direktur RSUD Meuraxa. Hal ini lantaran di wilayah Barat Selatan Aceh hanya ada satu dokter radiologi di Abdya. 

"Susah carinya, Aceh Barat itu dokter radiologi Direktur RSUD Meuraxa Banda Aceh, Aceh Timur dari RSUD Asahan mereka datangkan. Alhamdulillah dokter radiologi yang di Abdya bersedia dimasukkan ke RSUD Subulussalam," ungkapnya di hadapan Wali Kota Bintang Affan Alfian Bintang dan Sekda Taufit Hidayat.

Sementara selama ini untuk pasien dari RSUD Subulussalam yang ingin foto rontgen diberangkatkan ke RSUD Aceh Singkil dengan gratis menggunakan mobil ambulans. 

Sebelum bertolak ke Setdako, Wali Kota Bintang bersama rombongan didampingi Direktur RSUD Sarifin Usman meninjau sejumlah pasien rawat inap di ruang kelas III sambil melihat gedung baru ruang operasi dan ruang kelas dua yang akan segera difungsikan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.