10 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

HUT ke-73 Kemerdekaan RI
Rutan Lhoksukon Ajukan Remisi Untuk 135 WBP

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 09 August 2018 12:00 WIB

 Sipir dan narapidana Rutan cabang Lhoksukon, Aceh Utara latihan tarian poco-poco. @dok./Cut Islamanda
Sipir dan narapidana Rutan cabang Lhoksukon, Aceh Utara latihan tarian poco-poco. @dok./Cut Islamanda

LHOKSUKON – Sebanyak 135 narapidana Rutan Cabang Lhoksukon, Aceh Utara, diajukan untuk mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Remisi itu diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Kepala Rutan Lhoksukon, Yusnal melalui Kasubsi Pelayanan dan Pengelolaan Registrasi, Muhammad kepada portalsatu.com, Kamis, 9 Agustus 2018, menyebutkan, pengajuan remisi ini dilakukan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tindak pidana umum dan narapidana yang sudah memenuhi syarat sesuai PP Nomor 99 Tahun 2012.

“Dari 135 WBP yang kita ajukan untuk mendapatkan remisi, 114 di antaranya terlibat tindak pidana umum. Sementara 21 orang lainnya telah memenuhi syarat sesuai PP No 99 Tahun 2012, yaitu dengan hukuman lima tahun ke atas. Jumlah narapidana dan tahanan di Rutan saat ini 408 orang, 13 di antaranya wanita,” ujar Muhammad.

Muhammad melanjutkan, remisi yang diajukan antara satu hingga lima bulan. “Pengajuan remisi dilakukan apabila WBP berkelakuan baik dan telah menjalani paling kurang enam bulan kurungan penjara. Sementara remisi yang memenuhi PP Nomor 99, WBP harus melengkapi dokumen justice collaborator (JC),” katanya.

Dia menambahkan, dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, pihaknya akan mengadakan sejumlah perlombaan untuk WBP yang juga diikuti petugas sipir. “Di antaranya, ada lomba tarian poco-poco,” pungkas Muhammad.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.