19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sabtu, Pemungutan Suara Ulang di Satu TPS Lhokseumawe

...

  • Fazil
  • 26 April 2019 12:45 WIB

Ilustrasi. Foto: dok. /istiewa
Ilustrasi. Foto: dok. /istiewa

LHOKSEUMAWE - Penyelenggara Pemilu akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Sabtu, 27 April 2019.

PSU dilakukan menindaklanjuti rekomendasi Panwaslih Lhokseumawe terhadap temuan pelanggaran di TPS tersebut, yakni ada orang menggunakan C6 milik orang lain untuk mencoblos pada 17 April lalu.

Ketua Divisi Teknis Komisi Independen Pemilihan ( KIP) Lhokseumawe, T. Marbawi, mengatakan, PSU di satu TPS di Gampong Meunasah Mesjid itu awalnya direncanakan dilaksanakan hari ini, Jumat, tapi kemudian diputuskan digeser pada Sabtu (besok).

"Untuk surat suara pemilihan anggota DPRK, itu ada sama kita (KIP). Sedangkan logistik lainnya itu diminta dari KIP Aceh, kita sudah mengambil surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRA," kata Marbawi kepada portalsatu.com, Jumat, 26 April 2019.

Menurut Marbawi, sejauh ini tidak ada kendala apapun dan diharapkan PSU dapat berjalan lancar. "Pemungutan suara mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan penghitungan suara," ujarnya.

Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Lhokseumawe, Yuswardi, M.Kom.I., menyarankan kepada penyelenggara PSU tersebut untuk memastikan bahwa pemilih yang menggunakan hak pilih adalah pemilih yang namanya ada dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pendistribusian formulir C6 agar disampaikan langsung ke pemilih dan namanya harus sesuai dengan KTP el, SIM, paspor, Suket, dan KK.

"Jangan titip C6 sama orang lain selain yang namanya sesuai DPT. Aparatur gampong jangan partisan dan memihak pada calon. Awasi pemilih yang menyusup dengan menggunakan C6 orang lain," tulis Yuswardi dalam keterangannya, kemarin.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Lhokseumawe merekomendasikan PSU di satu TPS di Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua.

Ketua Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Panwaslih Lhokseumawe, Sofhia Annisa, M.Pd., dikonfirmasi portalsatu.com, Senin, 22 April 2019, menyebutkan rekomendasi tersebut menindaklanjuti temuan pelanggaran yang terjadi di TPS 01 Gampong Meunasah Mesjid pada 17 April lalu.

Sofhia menjelaskan, Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Muara Dua sebagaimana laporan hasil pengawasan yang disampaikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS) melalui Pengawas Pemilu Gampong (PPG), menemukan di TPS 01 Gampong Meunasah Mesjid ada orang yang menggunakan C6 milik orang lain untuk melakukan pencoblosan.

Menurut Sofhia, hal itu dilakukan oleh dua orang masing-masing mencoblos lima surat suara. Salah seorang di antaranya berhasil memasukkan surat suara yang sudah dicoblos itu ke dalam kotak suara.

"Sehingga Panwascam merekomendasikan kepada PPK secara berjenjang untuk meminta kepada KIP Kota Lhokseumawe agar dilaksanakan PSU di TPS dimaksud," kata Sofhia.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.