23 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sakit Parah, Utusan Haji Uma Kunjungi M. Disal di Malaysia, Tanggung Biaya Pemulangan ke Aceh

...

  • SUDIRMAN
  • 15 January 2020 21:45 WIB

M. Disal, warga Aceh Selatan sakit parah di Malaysia. Foto dikirim Iwan dari Malaysia
M. Disal, warga Aceh Selatan sakit parah di Malaysia. Foto dikirim Iwan dari Malaysia

SUBULUSSALAM - Kabar gembira mulai menyelimuti keluarga M. Disal (38) di Jambo Keupok, Kota Bahagia, Aceh Selatan. Pasalnya, dua orang utusan anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma, dilaporkan telah mengunjungi M. Disal di Malaysia.

"Alhamdulillah, kabar dari Bang Iwan tadi datang staf Haji Uma menjumpai si Em (M. Disal) ," kata Iden, keponakan M. Disal di Jambo Keupok kepada portalsatu.com usai menerima rekaman suara Iwan dari Malaysia, Rabu malam.

Iwan, sahabat M. Disal berada satu tempat tinggal di Malaysia. Informasi M. Disal sakit juga diperoleh dari Iwan, sehingga keluarga M. Disal di Aceh Selatan mengetahui anggota keluarga mereka sedang menderita sakit di Malaysia.

Iwan juga mengirimkan beberapa potongan rekaman suara, untuk menginformasikan terkait kunjungan dua orang utusan anggota DPD asal Aceh.

"Bang kalau soal biaya, abang tak usah khawatir, ini tadi ada dua orang utusan DPD RI asal Aceh, dia kemari tengok kondisi Emi (M. Disal)," kata Iwan dalam rekaman suara yang dikirim kepada Iden.

"Soal keuangan tak usah khawatir dia akan urus semua sampai balik," bunyi rekaman suara Iwan usai menerima kedatangan utusan Haji Uma.

"Masalah uang ndak usah dikirim lagi dari kampung, di sini ada yang tolong, DPD Aceh. Ada orang datang sini dua orang, habis tu video call dengan anggota DPD, namanya Haji Uma. Katanya soal biaya sampai pulang diatur semua," kata Iwan dalam rekaman suara tersebut.

Keponakan, M. Disal, Iden mengatakan siang tadi LO Haji Uma menghubungi pihak keluarga M. Disal di Jambo Keupok untuk meminta alamat lengkap M. Disal di Malaysia.

Iwan, sahabat M. Disal membenarkan, dua orang utusan Haji Uma datang tempat mereka tinggal, untuk melihat kondisi M. Disal yang sedang sakit parah dan mengambil beberapa foto untuk dikirim ke Haji Uma.

"Tadi anggotanya yang ambil foto ke sini, masalah biaya mereka yang tanggung dari DPD. Semoga secepatnya diantar balik kampung," kata Iwan via WhatsApp.

Selain itu, tim dari utusan Plt Bupati Aceh Selatan, melalui komunitas warga Aceh Selatan di Malaysia, juga dilaporkan telah berkunjung ke tempat M. Disal. Mereka akan membantu proses pemulangan M. Disal ke Aceh Selatan.

Sebelumnya diberitakan, M Disal (38) warga Desa Jambo Keupok, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, saat ini berada di Dengkil Kampung Haji, Malaysia dilaporkan sedang mengalami sakit parah. 

Kondisi fisiknya dilaporkan semakin menurun, ia tampak mengunakan pembalut (pempes) akibat fisiknya tidak kuat jika terlalu sering ke kamar mandi. M Disal terlihat berada di salah satu ruangan, tidur beralaskan karpet plastik, dibalut satu lembar selimut.

Keluarga M Disal di Aceh Selatan ingin memulangkan anggota keluarga mereka  kampung halaman, namun terkendala masalah masalah ekonomi. Kondisi keluarga M Disal di kampung berasal dari keluarga miskin, mereka tidak memiliki uang untuk membantu proses pemulangan M Disal.

"Kondisi keluarganya di kampung warga kurang mampu, mereka tidak punya biaya untuk membawa pulang M Disal ke Aceh," kata Kepala Desa Jambo Keupok, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, Istarab kepada portalsatu.com, Selasa malam.

Sementara M Disal sendiri, kata Istarab  sudah mulai pasrah dengan kondisi sakit yang sedang ia alami. Selain mengetahui kondisi ekonomi ke keluarga di kampung, kondisi kesehatannya juga semakin menurun. 

Dalam percakapan dengan kerabatnya, M Disal mengaku sudah iklas jika pun tak bisa pulang ke kampung halaman.

"Dia sudah pasrah, cuma kita coba kasih tetap semangat, semoga cepat sembuh. Dia bicara saja dia susah kali, seperti tidak ada tenaga," kata Istarab menceritakan kondisi kesehatan M Disal saat berbicara via WhatsApp dengan yang bersangkutan.

Kades Jambo Keupok Istarab berharap bantuan para kaum dermawan kiranya dapat membantu proses pemulangan M Disal ke Aceh Selatan. Sementara pihak keluarga cuma bisa pasrah dan berdoa semoga M Disal cepat sembuh dan bisa kembali ke kampung halaman, untuk berkumpul kembali dengan keluarga.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.