21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Aceh Utara
Saksi Demokrat Komplain Pemindahan Suara Partai ke Caleg Tertentu

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 25 April 2019 20:30 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

LHOKSUKON - Saksi Partai Demokrat untuk Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, menyatakan keberatan dalam pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang dilaksanakan di Balai Desa, kecamatan setempat, Selasa, 23 April 2019. Saksi tersebut menemukan adanya pemindahan suara partai untuk caleg tertentu di Daerah Pemilihan (Dapil) I tingkat DPRK.

“Saya menemukan adanya 'penggelembungan suara' di lima TPS Gampong Buket Linteung, yaitu TPS 51, 52, 54, 55 dan 56. Temuan itu terjadi saat pleno tingkat kecamatan. Di sini yang terjadi, ada pemindahan suara partai ke suara badan caleg nomor urut 1 DPRK Partai Demokrat,” ujar Saiful Bahri, 29 tahun, saksi Partai Demokrat Kecamatan Langkahan, saat ditemui portalsatu.com, Rabu, 24 April 2019, malam.

Menurut Saiful, dirinya telah menyampaikan keberatan tersebut kepada pihak PPK saat berlangsungnya pleno di Balai Desa, 23 April 2019, dini hari. Dia meminta persoalan ini diselesaikan dengan baik dan bijaksana sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI.

“Saya sebagai saksi Partai Demokrat keberatan dengan temuan itu, meski pun pemindahan suara tersebut terjadi di tubuh partai yang sama (Demokrat). Saya sudah mengambil dan mengisi form DA2 dan itu sudah saya serahkan secara resmi ke PPK Langkahan, serta telah ditandatangani,” kata Saiful.

Dihubungi portalsatu.com terpisah, Ketua PPK Langkahan, Adli membenarkan pihaknya telah menerima form keberatan dari saksi Partai Demokrat, diserahkan Rabu, 24 April malam. Adli juga membenarkan telah terjadi pergeseran suara partai kepada caleg di lima TPS yang ada di Gampong Buket Linteung, namun itu terjadi di satu partai yang sama.

 “Gini kan, memang itu ada kedapatan pada saat pleno di tingkat kecamatan. Soal keberatan saksi sudah diambil, tapi proses selanjutnya saya tidak tahu, karena ini kan satu partai, internal partai. Makanya kita tidak berani memberikan komentar lebih, karena itu kan wewenang ketua partai. Solusi yang kami berikan agar persoalan itu diselesaikan secara kekeluargaan di tubuh partai itu, karena satu partai. Namun selaku pelaksana, kita sudah mengembalikan. Dari TPS yang ada di Buket Linteung, yang tidak masuk hanya TPS 53, saya pun agak lupa. Ini baru tingkat keberatan saksi, kita dari panitia tidak bisa membuat keputusan, kita serahkan ke partai,” terang Adli.

Sementara itu, Kordiv. Penindakan dan Pelanggaran Panwaslih Aceh Utara, Safwani, S.H., mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi tersebut.

“Di Langkahan? Kita belum dapat informasi itu. Tidak ada laporan ataupun informasi yang masuk ke kita tentang hal itu, belum kita ketahui. Jika memang adanya pemindahan suara di satu partai, itu artinya kebijakan partai yang harus diselesaikan di mahkamah mereka. Itu ada mahkamah partai, sesuai UU kepartaian. Pertama, kita belum tahu informasi akuratnya karena laporan belum masuk. Kedua, saya melihat itu lebih ke persoalan internal partai,” pungkas Safwani.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.