10 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Salat Jumat Pertama Ramadan di Masjid Baitussalihin Banda Aceh Padat, Saf Tanpa Jarak

...

  • Fakhrurrazi
  • 24 April 2020 15:10 WIB

Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com
Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com

BANDA ACEH - Jemaah salat Jumat di Masjid Baitussalihin Ulee Kareng, Banda Aceh, hari pertama puasa Ramadan 1441 Hijriah tampak padat. Seluruh saf di lantai satu masjid tersebut penuh diisi jemaah, sementara lantai dua terisi 3 saf saja.

Amatan portalsatu.com, jemaah mulai berdatangan mulai pukul 12.00 WIB. Jemaah datang dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lapangan parkiran di halaman masjid penuh dengan kendaraan jemaah.

Meski dalam suasana pandemi wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di seluruh dunia, tak terkecuali di Tanah Rencong, jemaah masih abai dengan protokol kesehatan dan Tausyiah MPU Aceh tentang pelaksanaan salat Jumat dalam situasi tanggap virus corona.

Masih banyak jemaah yang tidak menggunakan masker saat berada di dalam masjid. tidak ada penerapan pysical distancing maupun social distancing (jaga jarak) antarsaf dengan jemaah lain seperti salat Jumat sebelumnya. 

Salah satu jemaah yang berdomisili di Banda Aceh, Mufti, mengaku khawatir dengan salat tanpa menjaga jarak, apalagi jemaah lain banyak yang tidak menggunakan masker. Meski demikian, dia tetap melaksanakan salat Jumat di masjid.

"Ya khawatir jugakan (tertular virus corona), banyak juga tadi gak pake masker jemaahnya. Tapi saya tetap salat Jumat di masjid," ungkap Mufti saat ditemui usai salat Jumat.

Seperti diketahui, Majelis Permusyiawaratan Ulama (MPU) Aceh telah menerbitkan Tausyiah Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan lainnya dalam kondisi darurat. 

MPU menetapkan tujuh putusan. Salah satu di antaranya, membolehkan umat untuk tidak salat Jumat di masjid dan menggantinya dengan salat Zuhur di rumah.

Taushiyah tersebut diterbitkan MPU Aceh setelah menggelar Rapat Pimpinan Khusus MPU Aceh, sejak Selasa, 30 Maret 2020. Salah satu bunyi poin dalam putusan MPU Aceh adalah menjaga jarak antarsaf saat pelaksanaan salat.

"Masjid yang melaksanakan salat ber-jama’ah dan salat Jumat berdasarkan pertimbangan kemaslahatan di tempat itu, wajib memperhatikan prosedur medis dan protokol kesehatan seperti jarak antar-jama’ah (physical distancing) dan lain-lain," demikian bunyi dikutip dari Tausyiah MPU Aceh.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.