26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Saluran Irigasi Tersumbat, Air Genangi Rumah Warga

...

  • Fazil
  • 08 January 2019 16:00 WIB

Nasruddin, warga Gampong Paya, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, menunjukkan genangan air di pekarangan rumahnya. Foto: istimewa
Nasruddin, warga Gampong Paya, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, menunjukkan genangan air di pekarangan rumahnya. Foto: istimewa

ACEH UTARA - Rumah milik Nasruddin (33), warga Gampong Paya, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, digenangi air luapan saluran irigasi yang dangkal dan tersumbat sampah, Selasa, 8 Januari 2019.

"Ini terjadi karena saluran irigasi itu tersumbat sampah dan dangkal, sehingga airnya meluap menggenangi halaman rumah dan merembes hingga ke dalam rumah. Air tergenang sejak kemarin (Senin) dengan ketinggian hampir sepinggang orang dewasa, dan sampai saat ini masih tergenang. Saya terpaksa memindahkan barang-barang di dalam rumah untuk menghindari terendam air," kata Nasruddin kepada portalsatu.com, Selasa, 8 Januari 2019.

Menurut Nasruddin, petani setempat sedang menanam padi di sawah, sehingga sumber air dari Krueng Pase dialirkan ke sejumlah irigasi kawasan tersebut. Saluran irigasi di Gampong Paya diperkirakan sepanjang 400 meter sampai saat ini belum dibangun secara permanen, masih berupa irigasi tanah dangkal.

"Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal yang sama, dan juga dialami sejumlah warga lainnya. Dengan kondisi irigasi yang masih dangkal seperti ini, maka kami sangat berharap agar segera diperbaiki, karena tujuannya juga untuk kelancaran suplai air irigasi ke persawahaan petani," ujar Nasruddin.

Geuchik Gampong Paya, Ilyas, menyebutkan, saluran irigasi itu sudah lama dangkal sehingga air mudah menggenangi rumah warga tersebut. Apalagi pekarangan rumah itu masih dataran rendah. Ia sudah pernah melaporkan hal itu kepada pihak dinas terkait supaya segera ditangani untuk diperbaiki saluran dimaksud. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

"Karena saluran irigasi yang tersumbat itu diperkirakan 400 meter, bahkan kami sudah menjadi langganan banjir saban tahun. Maka perlu perbaikan supaya dapat mengurangi kejadian serupa," ujar Ilyas.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.