20 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Saluran Pembuang Tersumbat Sampah, SD Ini Diliburkan

...

  • ZAMAH SARI
  • 21 March 2018 19:30 WIB

@Zamah Sari/portalsatu.com
@Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI – Aktivitas belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD) 4 Kampong Baro, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, terpaksa diliburkan lantaran areal sekolah terendam banjir luapan saluran pembuang yang tersumbat sampah, Rabu, 21 Maret 2018.

Selain merendam perkarangan sekolah, air juga menggenangi ruas jalan Kampong Baro – Gampong Rawa tepatnya di depan pintu gerbang sekolah. Kondisi tersebut membuat pihak sekolah terpaksa menghentikan proses belajar mengajar dan 197 siswa diliburkan.

Kepala SD 4 Kampong Baro, Nurmalawati kepada portalsatu.com, mengatakan, endapan air dalam perkarangan sekolah sejak Selasa malam disebabkan luapan saluran pembuang di depan dan samping bangunan sekolah.  Bahkan air sempat meluap ke ruang belajar sehingga aktivitas sekolah terpaksa dihentikan sementara.

“Kita terpaksa meliburkan sekolah karena perkarangan dan ruang sekolah terendam setelah luapan saluran pembuang yang berada di depan sekolah,” kata Nurmala.

Pantauan portalsatu.com, luapan air terjadi akibat saluran pembuang tepatnya dekat Masjid Kampong Baro tersumbat tumpulan sampah, dan saluran tersebut buntu.

Plt. Camat Pidie Miswar, S.Sos., ikut turun ke lokasi itu bersama sejumlah tokoh masyarakat setempat dan pengurus Masjid Kampong Baro, Tgk. H. Muhammad.

Camat mengaku sudah sering menerima laporan tentang kondisi saluran pembuang yang dipenuhi sampah. Tertumpuknya sampah di kawasan itu, menurutnya, lantaran muara saluran pembuang terputus sampai di lokasi tersebut. “Ini yang selalu menjadi keluhan warga sehingga luapan terjadi,” ujar Miswar.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.