21 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Satu Juta Penduduk Aceh Penderita Komorbid Rawan Terpapar Covid-19

...

  • Fakhrurrazi
  • 10 September 2020 09:36 WIB

Ketua IDI Wilayah Aceh, Safrizal Rahman [Foto: Fakhrurrazi]
Ketua IDI Wilayah Aceh, Safrizal Rahman [Foto: Fakhrurrazi]

Angka tersebut termasuk di dalamnya penderita diabetes, kencing manis, hipertensi dan penyakit jantung lainnya, gagal ginjal, serta penderita penyakit paru dan obesitas.

BANDA ACEH --  Sekitar satu juta penduduk Aceh yang memiliki penyakit penyerta (kormobid) rawan terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Aceh harus melakukan upaya terstruktur  dengan melibatkan masyarakat untuk menangkal corona.

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh, Safrizal Rahman, Kamis, 10 September 2020 di Banda Aceh. "Yang paling mengkhawatirkan  adalah ada satu juta penduduk Aceh menjadi kelompok rawan apabila terserang Covid-19," kata Safrizal Rahman di Banda Aceh. Kamis, 10 September 2020.

Safrizal menyebutkan, sudah menghitung angka itu dan sepakat setelah dikonfirmasi ke ahlinya bahwa angka tersebut bahkan lebih dari satu juta orang. Angka tersebut termasuk di dalamnya penderita diabetes, kencing manis, hipertensi dan penyakit jantung lainnya, gagal ginjal, serta penderita penyakit paru dan obesitas.

“Pemerintah Aceh harus melakukan upaya terstruktur secara simultan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk menangkal penyebaran virus corona. Termasuk di dalamnya para tokoh, ulama, melibatkan universitas dan cerdik pandai dalam melawan Covid-19 dengan strategi yang jelas,"  ujarnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.