15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sebagian Geuchik Terbang ke Lombok, Ini Kata Ketua Apdesi Aceh Utara

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 14 July 2018 22:30 WIB

Ketua Apdesi Aceh Utara, Abu Bakar (Geuchik Abu). @dok. portalsatu.com/ist
Ketua Apdesi Aceh Utara, Abu Bakar (Geuchik Abu). @dok. portalsatu.com/ist

LHOKSUKON – Sebagian geuchik di Aceh Utara kabarnya terbang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk studi banding menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) tahun 2018.

Informasi diterima portalsatu.com, Sabtu, 14 Juli 2018, sebagian geuchik dari beberapa kecamatan di Aceh Utara sudah terbang dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, ke Lombok, NTB, Jumat, 13 Juli 2018, malam. Mereka mengikuti studi banding yang “dibungkus” dengan kegiatan bimbingan teknis atau bimtek tentang Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Sebagian geuchik lainnya akan berangkat pada 22 Juli nanti. Kabarnya sudah dialokasikan dana dalam APBG masing-masing gampong/desa Rp25 juta per geuchik untuk biaya kegiatan di Lombok dua hari dan Jakarta dua hari.       

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Utara, Abu Bakar, membenarkan sebagian geuchik di Kecamatan Lhoksukon dan Langkahan mengikuti bimtek atau studi banding ke Lombok, NTB. Anggaran bimtek itu diplot dari APBG masing-masing gampong.

“Benar, para geuchik bimtek ke Lombok. Untuk sementara yang saya ketahui Kecamatan Langkahan dan satu gampong di Kecamatan Lhoksukon. Bimtek itu adalah bagian dari peningkatan sumber daya manusia (SDM),” ujar Geuchik Abu Bakar atau Geuchik Abu, menjawab portalsatu.com via WhatsApp, Sabtu malam.

Menurut Geuchik Abu, bimtek itu bagian dari program gampong yang dituangkan dalam APBG. “Bimtek itu hanya ke Lombok. Kalau ada yang ke Jakarta, mereka pakai financial pribadi. Untuk jumlah anggaran yang diplot dari APBG itu variasi, rata-rata yang saya ketahui Rp10 juta termasuk akomodasi, kontribusi tiket dan uang saku. Untuk jadwal keberangkatan saya tidak tahu, karena banyak jumlah gampongnya,” ujar Geuchik Abu.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.