13 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sebelum Dibawa ke Kantor Imigrasi Langsa, Warga Rohingya Shalat Berjamaah

...

  • Fazil
  • 04 December 2018 23:30 WIB

Rohingya yang masuk ke Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur, Selasa, 4 Desember 2018. @Fazil
Rohingya yang masuk ke Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur, Selasa, 4 Desember 2018. @Fazil

ACEH TIMUR - Sebanyak 20 warga Rohingya melaksanakan shalat asar berjamaah sebelum mereka dibawa ke kantor Imigasi Kota Langsa, di Rumdis Pos TNI-AL, Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur, Selasa, 4 Desember 2018, sore.

Mereka melaksanakan shalat di dalam ruang tamu Pos TNI-AL, dengan beralaskan terpal dan sajadah. Sejumlah relawan dari ACT, PMI, dan anggota TNI, Polri, Satpol PP, turut menjaga dan mengawasi mereka untuk selanjutnya dibawa ke kantor imigrasi.

Usai melaksanakan ibadah lima waktu tersebut, kemudian warga Rohingya diarahkan oleh pihak keamanan untuk naik ke Mobil (truk) Patroli Satpol PP Aceh Timur guna dibawa ke Kantor Imigrasi Langsa. Mereka pun turut membawa semua barang-barang seperti terpal, sajadah, dan berupa pakaian lainnya yang diberikan pihak Pemkab Aceh Timur.

Asisten II Setda Aceh Timur, Usman A. Rachman, mengatakan, saat mereka tiba di Kuala Idi, awalnya mereka juga mengakui sebagai Muslim. Pertama diucapkan kepada masyarakat setempat yaitu memberikan salam 'Assalamualaikum', namun selain ucapan itu mereka tidak menyebutkan dikarenakan tidak bisa berbicara bahasa Melayu.

"Kita berikan pelayanan yang baik kepada saudara kita ini, baik memberikan berupa makanan, pelayanan kesehatan maupun pakaian lainnya. Setelah mereka melaksanakan shalat di Pos TNI-AL tersebut, kemudian mereka langsung dibawa ke Imigrasi Langsa," kata Usman, kepada portalsatu.com, Selasa.

Untuk diketahui, saat ini puluhan warga Rohingya tersebut, sudah dibawa ke kantor Imigasi Kota Langsa untuk dilakukan pendataan lebih lanjut. Mereka dibawa dari Rumdis Pos TNI-AL, Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur ke kantor Imigrasi Langsa dengan pengawalan petugas imigrasi dan polisi yang sebelumnya dikabarkan mereka terdampar di Kuala Idi, Selasa pagi.

Sebelum mereka dibawa ke Kantor Imigrasi Langsa, sejumlah unsur Forkopimda Aceh Timur juga melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi yang dihadiri Kasi Intel Dakim Imigrasi Kelas II Kota Langsa, Fachryan, Kepala Dinas Sosial (Kadis) Aceh Timur, Elfiandi, Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, S.H, M.H., Asisten II Setda Aceh Timur, Usman A. Rachman, dan sejumlah pihak lainnya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.