19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Seekor Gajah Jantan Mati di Kebun Cabai Warga Mila

...

  • ZAMAH SARI
  • 09 September 2020 17:44 WIB

Koordinator CRU Mila, Kausar di dekat bangkai gajah. [Foto: IST]
Koordinator CRU Mila, Kausar di dekat bangkai gajah. [Foto: IST]

Tim BKSDA Provinsi Aceh sedang ke lokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah jantan tersebut.

SIGLI – Seekor gajah jantan (elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di kebun cabai warga di kawasan Gle Cut, Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, Rabu, 9 September 2020.

Gajah yang diperkirakan berumur 30 tahun itu mati diduga terkena jeratan babi beraliran listrik.  Hal itu dibuktikan adanya luka di kaki depan dan di dekatnya ditemukan seutas kawat telanjang.

Menurut Koordinator CRU Kecamatan Mila, Kausar, bangkai gajah jantan itu awalnya ditemukan warga setempat yang ke kebun.  Kebetulan saat itu pihaknya sedang berada di kawasan tersebut. Tim CRU MIla sejak tiga hari lalu berada di sana untuk menghalau gajah masuk ke pemukiman warga.

"Saat ditemukan gajah itu sudah mati diduga kena jeratan listrik. Kami yang berada di situ langsung berkoordinasi dengan BKSDA Aceh dan warga juga melaporkan temuan itu kepada Polsek Mila.

Hingga saat ini bangkai gajah masih berada di lokasi kejadian guna menunggu tim BKSDA tiba untuk melakukan penyelidikan sebab kematian hewan mamalia yang di lindungi itu.

"Kami terus berada di lokasi untuk mengamankan bangkai gajah yang bergading panjang hingga BKSDA tiba, " terangnya.

Sementara,  Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Kamarudzaman, Rabu, 9 Juni 2020  ketika dikonfirmasi  portalsatu.com  mengatakan sedang dalam perjalanan menuju lokasi ditemukan gajah mati. "Kami sedang menuju lokasi untuk melakukan pengecekan penyebab matinya gajah jantan di perkebunan warga," terangnya. []

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.