22 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sejarawan Aceh Ramli A Dally Meninggal Dunia

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 22 May 2018 07:43 WIB

Ramli A Dally. @aboeprijadi.blogspot.co.id
Ramli A Dally. @aboeprijadi.blogspot.co.id

BANDA ACEH - Innalillahiwainnailaihirajiun..telah berpulang ke rahmatullah Ayahanda dan Orang tua bagi kami, Sejarawan Aceh Ramli A. Dally (Mantan Ketua PDIA Aceh) habis magrib di RSU-ZA. Jenazah dibawa pulang ke Punge Jurong, Lr. Al-Misbah, samping Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Kabar duka tersebut disiarkan di laman jejaring sosial milik Kolektor Manuskrip dan Artefak Aceh, Masykur Syafruddin (Luengputu Manuskrip Aceh), Selasa 22 Mei 2018, dini hari.

Siaran itu telah dibagikan oleh belasan orang, dikomentari lebih lima puluh orang, dan disukai lebih seratus ima puluh orang.

Di antara yang membagikannya, satu orang menambah catatannya sendiri, yaitu akun milik Taqiyuddin Muhammad (Musafir Zaman). Ia menulis begini.

"Senja telah menghela cahaya terakhirnya ke ufuk barat saat Ayahanda nan bijak pergi dengan penuh keridhaan untuk menghadap Rabb-nya Jalla wa 'Ala. Ia pergi di malam mulia yang terangnya takkan pernah dapat diredupkan, namun kini sebuah samudera ketulusan hanya tinggal dalam ingatan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa membasahkan kubur Ayahanda dengan limpahan ampunan dan rahmat-Nya," tulis Taqiyuddin Muhammad.

Pada kesempatan berbeda, Masykur mengatakan, ia dan anggota Mapesa, tadi malam (dini hari) melaksanakan salat jenazah di rumah duka, dan mengantar jenazah ke pemakaman sampai selesai pada pukul 2 pagi.

Foto: (Dari kiri) Sekretaris Mapesa Ayi, kolektor manuskrip Tarmizi A Hamid, peneliti sejarah dan kebudayaan Islam Taqiyuddin Muhammad, Ketua MAA Badruzzaman Ismail, sejarawan Ramli A Dally, dan arkeolog Deddy Satria, pada suatu diskusi sejarah oleh Mapesa, 2015. @Mapesa

Sebagaimana diketahui, selain pembina Mapesa (Masyarakat Peduli Sejarah Aceh) dan perjah jadi Ketua PDIA (Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA), Ramli A Dally pernah menulis buku bertajuk "Adat Istiadat Masyarakat Aceh", bersama Rusdi Sufi dan Ridwan Azwad, diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Aceh, 2002, tebal buku 140 halaman.

Ramli A Dally juga sering terlibat dengan kegiatan melestarikan sejarah kebudayaan yang dilakukan oleh Mapesa dan organisasi lainnya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.