23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Selama 4 Hari, Sekitar 58 Hektar Lahan Gambut Terbakar di Aceh Barat

...

  • portalsatu.com
  • 04 July 2017 01:45 WIB

Ilustrasi kebakaran lahan gambut. @tempo.co
Ilustrasi kebakaran lahan gambut. @tempo.co

BANDA ACEH - Kebakaran lahan gambut masih berlangsung di Kabupaten Aceh Barat. Akibatnya sebagian Kota Meulaboh diselimuti asap hingga Senin, 3 Juli 2017 sekitar pukul 13.17 WIB.

Informasi yang diterima portalsatu.com dari Pusdalops BPBD Aceh Barat menyebutkan, kebakaran lahan gambut ini terjadi di berapa titik. Rinciannya, di Kecamatan Johan Pahlawan ditemukan satu titik api tepatnya di Gp. Lapang, selanjutnya dua titik api juga terpantau di Gp. Leuhan, dan tiga titik api di Gp Suak Nie.

Titik api juga terlacak di sejumlah gampong di Kecamatan Sama Tiga, Aceh Barat. Berdasarkan data yang diterima dari BPBD diketahui ada empat titik api di Gp Cot Seumereng dengan luas areal terbakar sekitar 45 hektar. Selanjutnya dua titik api juga terlihat di Gp Peunaga, Kecamatan Meurubo, tepatnya di areal PT Mifa. Di lokasi ini luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 13 hektar. 

Berdasarkan informasi tersebut juga diketahui, titik api sudah terdeteksi sejak 30 Juni 2017. Pihak terkait masih menyelidiki penyebab munculnya sejumlah titik api tersebut.

Sementara itu, BPBD Aceh Barat dibantu Koramil dan Polsek setempat terus memantau titik api yang mulai meresahkan warga ini. Mereka menggunakan satu unit drone untuk memantau kondisi dan dampak dari kebakaran lahan ini.

Pihak terkait dilaporkan turut mengerahkan satu unit mobil Damkar untuk memadamkan api di Gp Cot Seumereng. 

Portalsatu.com mencoba mengonfirmasi keterangan resmi dari Kepala BPBD Aceh Barat, Syahluna Polem, melalui nomor pribadinya sejak siang tadi. Namun, hingga berita ini ditayangkan, Syahluna belum menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.