20 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia

Investasi Dana Haji Indonesia Incar Tanah Wakaf Aceh di Mekkah
Senator Aceh: Ta Serahkan bak Pemerintah Arab Saudi

...

  • portalsatu.com
  • 10 March 2018 15:20 WIB

BANDA ACEH - Anggota DPD asal Aceh, H Sudirman atau dikenal Haji Uma menyerahkan hak sepenuhnya terkait pengelolaan tanah wakaf Aceh di kawasan Masjidil Haram kepada pemerintah Arab Saudi. Hal ini disampaikan Haji Uma menjawab pertanyaan portalsatu.com, Sabtu, 10 Maret 2018 siang.

"Kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Arab Saudi yang sudah sekian lama mengemban amanah ini," kata Haji Uma.

Dia menyebutkan investasi terhadap tanah wakaf ini dibolehkan. Namun, pengelolaan tanah wakaf tersebut harus tetap di bawah kontrol pemerintah Arab Saudi.

"Inti jih mandum ta serahkan keudeh. Karena awak Arab Saudi ka ji keluarkan peraturan baru dapat berinvestasi," kata Sudirman.

Sebagai catatan, wakaf Baitul Asyi diikrarkan Habib Bugak Asyi pada 1224 Hijriah atau 1809 Masehi. Ikrar tersebut diucapkan Habib Bugak di hadapan Hakim Mahkamah Syariah Mekkah pada waktu itu. Di dalam akta wakaf Baitul Asyi juga menyebutkan rumah tersebut diwakafkan kepada orang Aceh untuk menunaikan haji, serta orang Aceh yang menetap di Makkah. 

Habib Abdurrahman atau Habib Bugak juga telah menunjuk nadzir, yaitu salah seorang ulama asal Aceh yang menetap di Makkah. Nadzir itu kemudian diberi hak sesuai dengan tuntunan syariah Islam.

Di kemudian hari, Mahkamah Syariah Mekkah mengukuhkan Syaikh Abdul Ghani bin Mahmud bin Abdul Ghani Al-Asyi sebagai nadzir Baitul Asyi. Penetapan ini dilakukan pada 1420 Hijriah atau 1999 Masehi. Syaikh Abdul Ghani bin Mahmud merupakan generasi keempat pengelola wakaf.

Kemudian, sejak 1424 H/2004 M, tugas nadzir dilanjutkan oleh se­buah tim yang dipimpin anak nadzir sebelumnya, Syaikh Munir bin Abdul Ghani Al-Asyi. Dia merupakan generasi kelima pengelola wakaf. Selain Syaikh Munir, pengelolaan Baitul Asyi juga dipercayakan kepada Dr. Abdul Lathif Baltho.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.