20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Sengketa DCT: Panwaslu Aceh Utara Kabulkan Permohonan Tgk. Nurdin PPP

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 08 October 2018 20:30 WIB

ilustrasi. @ist/net
ilustrasi. @ist/net

LHOKSUKON – Panwaslu Aceh Utara mengabulkan permohonan Tgk. Nurdin, caleg dari PPP, agar dimasukkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019 oleh KIP setempat. Putusan itu dibacakan dalam sidang ajudikasi permohonan sengketa penetapan DCT Pemilu 2019, di Kantor Panwaslu Aceh Utara, di Lhoksukon, Senin, 8 Oktober 2018, sekitar pukul 14.40 WIB. Panwaslu Aceh Utara memerintahkan KIP Aceh Utara (termohon) untuk menindaklanjuti putusan tersebut.

“Putusan sidang sengketa penetapan DCT untuk Tgk. Nurdin sudah kita bacakan tadi siang. Kita menerima permohonan pemohon keseluruhannya dan meminta KIP Aceh Utara untuk menindaklanjutinya dengan tenggang waktu tiga hari setelah putusan dibacakan. Nantinya KIP yang akan menindaklanjuti itu dan memasukkan kembali nama Tgk. Nurdin dalam DCT,” ujar Ketua Panwaslu Aceh Utara, Yusriadi, dihubungi portalsatu.com via telepon seluler.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar, mengatakan, pihaknya sudah menerima salinan putusan Panwaslu Aceh Utara terkait Tgk. Nurdin. “Salinan putusannya sudah kita terima dan kemudian lagi kita pelajari, sampai dengan itu. Dalam putusan tersebut Panwaslu Aceh Utara kan memerintahkan, tergantung bagaimana nanti hasil kita diskusi dalam rapat pleno, apakah kita tindak lanjuti. Kalau memang itu sudah sesuai mekanisme aturan, ya akan kita tindak lanjuti,” kata Zulfikar.

Menurut Zulfikar, secara kebetulan tadi pihaknya ada acara dengan partai politik peserta Pemilu 2019. Sehingga sidang putusan di Kantor Panwaslu itu dihadiri oleh Kasubbag Teknis Sekretariat KIP Aceh Utara, M. Sagop. “Sudah kita kuasakan kepada M. Sagop untuk menghadiri sidang putusan tersebut. Intinya, kami tidak ingin buru-buru, karena sesuai dengan putusan tersebut kami masih ada waktu tiga hari untuk menindaklanjuti itu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, calon anggota legislatif Aceh Utara dari PPP, Tgk. Nurdin, mendaftarkan permohonan sengketa penetapan DCT Pemilu 2019 ke Panwaslu, 24 September 2018. Tgk. Nurdin menggugat SK KIP Aceh Utara tentang Penetapan DCT Anggota DPRK, karena nama dirinya tidak masuk dalam DCT itu.

Panwaslu Aceh Utara lantas menggelar mediasi untuk menyelesaikan sengketa DCT itu, dua hari. Akan tetapi, mediasi berakhir buntu atau tidak tercapai kata sepakat antara pemohon dan termohon. Sengketa itu pun dilanjutkan ke sidang adjudikasi (ajudikasi).(Baca: Tgk. Nurdin PPP Vs KIP Aceh Utara: Mediasi Buntu Lanjut ke Ajudikasi)[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.